Rabu, 10 April 2013

Cara mengecek website serp dan page rank

Diposting oleh Roby di 23.10
Bagaimanakah caranya mengecek website serp dan page rank? Anda punya website atau blog? Sebagai pemilik website, Anda tentu tidak bisa lepas dari pekerjaan melakukan pengecekan terhadap website Anda, terutama SERP. Apa itu SERP dan bagaimana cara mengeceknya? SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page yang artinya halaman hasil pencarian mesin pencari. Sedangkan Pagerank adalah perangkingan terhadap website oleh mesin pencari. Seperti page rank google, pagerank bernilai antara 0 – 10 dimana 0 berarti tidak mendapat rangking bagi google, dan 10 berarti mendapat ranking paling atas atau terbaik di mata google. Berbeda dengan SERP, SERP menentukan posisi teratas dari hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang ditulis di mesin pencari. Posisi pertama SERP bukan berarti mendapat Pagerank 10 begitu juga sebaliknya, website dengan pagerank 10 belum tentu selalu mendapat posisi pertama mesin pencari. Bila SERP dilihat dari sudut pandang kata kunci untuk menemukan konten suatu website, maka pagerank dilihat dari sudut pandang kredibilitas dan kualitas suatu website di mata mesin pencari. Lalu bagaimanakah caranya? Anda dapat mengecek website Anda dengan mudah baik untuk SERP maupun Pagerank dengan menggunakan SERP Checker dan Pagerank Checker.

Ada beberapa cara untuk mengetahui posisi website di SERP, cara manual dan dengan menggunakan tool, cara manual adalah mencoba langsung mencari kata kunci di search engine, misal di google. Misalkan ingin mengetahui posisi website my-much.blogspot.com bila menggunakan kata kunci "jenis pukulan bulutangkis" (tanpa tanda petik) dapat dilihat pada gambar berikut:

hasil pengecekan website serp manual
Hasil pengecekan website serp manual

Terlihat di hasil pencarian google (Google SERP) bahwa website secercah.co.cc ada di urutan ke-4 (abaikan hasil pencarian gambar). Cara manual sangat mudah digunakan bila konten atau artikel yang ditulis memang mendapat posisi halaman pertama di SERP atau lebih-lebih di urutan pertama SERP atau sering disebut dengan #1, tapi bagaimana bila adanya di urutan 15, 25, 50, 100, atau malah di urutan ke-1000 ?… Buang-buang waktu saja untuk mengeceknya dengan cara manual, dibutuhkan tool khusus untuk mengeceknya yang sering disebut SERP Checker.

Mengecek website SERP dengan SERP Checker

Beberapa tool gratis yang pernah saya coba memang ada yang akurat, ada yang terkadang akurat, dan terkadang jauh dari harapan dimana antara hasil di mesin pencari dengan hasil SERP checker berbeda. Ada satu tool SERP Checker gratis yang saya temui dan ini sangat membantu, yaitu seoserp. Gambar dibawah adalah hasil pengecekan SERP menggunakan SERP Checker tersebut:
cara mengecek website serp dengan tools
Cara mengecek website serp dengan tools

Cara menggunakannya mudah, akses alamat website seoserp kemudian pilih mesin pencari yang diinginkan, isikan kata kunci pada kolom Keywords, dan isikan alamat web pada kolom domain kemudian tekan tombol go SERP. Tunggu beberapa saat, hasil check SERP akan tampil. Pada contoh ini hasil pencarian ada di urutan ke-4. Di bagian bawah diinformasikan urutan berikutnya sampai ke-1000. Perhatikan hasil pengecekan pada gambar berikut ini:

hasil cek website serp dengan tools
Hasil cek website serp dengan tools

Dari gambar diatas terlihat ditemukan pada posisi 4 pada SERP. Karena mesin pencari biasanya menampilkan 10 hasil per halaman, maka 4 berarti berada di halaman pertama. Untuk membutikan akurasi dari SERP Checker ini dapat dibandingkan dengan pencarian manual, dengan adanya informasi posisi 4 dapat langsung dikonversi ke halaman dimana mesin pencari dan Anda bisa langsung melakukan pengecekan ke halamannya langsung tanpa buang-buang waktu, ini penting bila posisi di SERP masih berada di angka yang jauh sehingga tidak perlu satu per satu mengecek halaman hasil pencarian. Penting untuk diingat, meskipun ini adalah SERP Checker yang pernah saya temui yang paling akurat, masih ada peluang perbedaan, ini dikarenakan SERP Checker mendeteksi 2 atau 3 tag tetapi mesin pencari hanya menampilkannya satu kali, sehingga terkadang posisi sebenarnya di mesin pencari justru lebih tinggi atau pada angka yang lebih rendah, misal hasil SERP Checker adalah 17 tapi di SERP pada mesin pencari ada di posisi 13.

Mengetahui Pagerank dengan Pagerank Checker

Seperti yang saya ceritakan diatas, pagerank menentukan ranking suatu website, untuk mengatahuinya dapat menggunakan tool yang disebut Pagerank Checker atau Google Page rank Checker, tool ini online dan gratis seperti di prchecker.info Perhatikan hasil pengecekan pagerank untuk website detik.com pada gambar berikut:

cara mengetahui page rank
Cara mengetahui page rank

Cara menggunakannya mudah, akses terlebih dahulu alamat tersebut, kemudian ketikkan alamat website yang ingin di cek pagerank google-nya, kemudian klik Check PR, Anda akan diminta untuk mengisikan kata acak untuk antisipasi spam, kemudian klik Verify Now, tunggu beberapa saat sampai hasilnya ditampilkan. Pada gambar diatas ditampilkan 7/10 itu berarti detik.com memiliki pagerank 7 bagi google dengan 10 adalah pagerank paling tinggi. Dengan pagerank atau google page rank yang cukup tinggi, maka peluang tampilnya website di halaman pertama atau bahkan di urutan pertama SERP akan semakin besar tentunya tetap berdasarkan keyword yang sesuai. Tapi penting untuk diingat, jangan berharap mendapat ranking di mesin pencari seperti google bila website Anda tidak pernah ditemukan di SERP, butuh waktu yang cukup untuk bisa mendapatkan ranking di mesin pencari, website harus benar-benar berkualias dengan jumlah pengunjung yang banyak setiap harinya, apalagi website baru saja dibuat, itulah sebabnya saya katakan diatas Check SERP dulu sebelum Check Pagerank karena untuk bisa mendapatkan pengunjung yang banyak setiap hari website setidaknya beberapa kali muncul di halaman pertama, lebih-lebih bisa berada di urutan teratas, minimal di halaman kedua atau ketiga karena masih punya peluang mendapat pengunjung meskipun hanya berpeluang 25% nya saja dari total pengunjung.

Check Pagerank akan sangat berarti bila kualitas konten selalu diperhatikan dan dengan SEO yang memadai, bila 2 hal ini tidak diperhatikan, percuma melakukan check pagerank karena hasilnya akan jauh dari harapan, Pagerank Checker hanya sebagai alat bantu untuk mengukur keefektifan SEO. Bila sudah berhasil mendapat posisi yang baik di SERP, maka bersiaplah untuk meningkatkan google rank, karena perlu dipahami peningkatan page rank google hanya dari 0/10 ke 1/10 sangatlah berpengaruh pada SERP itu lagi, karena keduanya posisi di SERP dan Pagerank bila sudah optimal akan saling menguatkan sehingga jadilah website yang handal, berbobot, dan ribuan pengujung per harinya.

3 komentar:

Ani Kurnia mengatakan...

Terima kasih infonya

Jasa Akutansi mengatakan...

makasih tipsnya...
http://www.akuntansi-software.com

luka amigo mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template