Senin, 27 Mei 2013

Cara meningkatkan pengunjung tertarget ke website

Diposting oleh Roby di 21.39
Tidak ada trafik, tidak ada penjualan. Itulah kalimat yang tak terbantahkan. Tetapi trafik bukanlah segalanya. Bila Anda mendapatkan uang dari penjualan barang atau jasa, maka trafik ke website Anda tidak ada artinya sampai terjadi penjualan. Lalu apakah ada jaminan tingginya trafik akan menghasilkan penjualan yang tinggi juga? Kenyataannya tidak. Pengunjung yang melakukan pembelian hanyalah pengunjung yang sesuai dengan target pasar website Anda. Selebihnya hanya datang kemudian pergi begitu saja.

Agar terjadi penjualan, maka pengunjung Anda harus pengunjung yang tepat. Pengunjung ini sering disebut pengunjung tertarget. Pengujung ini adalah pengunjung yang memiliki potensi melakukan pembelian, apakah sebelumnya mereka sudah berniat membeli, atau memang mereka datang dengan problem dan menemukan solusi yang mereka harapkan di website Anda. Intinya adalah mereka datang ke website Anda dan mereka menemukan apa yang mereka harapkan dari web Anda.

Yang Anda butuhkan bukanlah peningkatan trafik secara umum, tapi peningkatan trafik yang tertarget. Lalu bagaimanakah mendapatkan dan menigkatkan pengunjung tertarget?

Riset keyword

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah riset keyword. Mengabaikan langkah ini sama saja dengan merencanakan kegagalan bisnis online Anda. Siklus optimasi website dimulai dari riset keyword ini. Apa yang harus Anda temukan pada langkah ini. Carilah keyword yang akan menghasilkan penjulan jika Anda fokus di bidang penjualan. misalkan: keyword yang mengandung kata buy, review, perbandingan beberapa produk, dll. Kenapa harus demikian? Kata-kata tersebut mengindikasikan niat yang kuat untuk membeli, mereka hanya butuh sedikit informasi saja untuk meyakinkan diri mereka sendiri untuk membeli barang dari web Anda, atau mereka hanya membutuhkan satu keputusan dimana sebaiknya mereka akan membeli. Oleh karena itu, jika Anda menemukan pengunjung yang seperti ini, dengan surat penjualan yang kuat, dalam beberapa saat saja mereka akan segera memutuskan untuk membeli melalui website Anda.

Anda dapat menggunakan tool gratis maupun software berbayar, semuanya dapat membantu Anda melakukan riset keyword. Salah satu perbedaannya adalah kecepatan. Anda bisa saja menemukan keyword yang tepat yang akan mendatangkan pengunjung tertarget ke website Anda dengan tool gratis, tapi berapa lama Anda melakukannya? Bila waktu adalah uang bagi Anda, maka investasi sedikit pada software penting ini justru akan melipatgandakan pendapatan anda.

Setelah riset keyword adakah langkah berikutnya?

Menulis artikel marketing yang relevan

Kenapa harus ada artikel? Anda tau dari mana trafik berasal? Tentunya trafik gratis hanya akan Anda dapatkan secara optimal dan berlimpah dari mesin pencari. Bila kita bicara mesin pencari, maka jawabannya satu, mesin pencari menyukai konten. Tidak sembarang konten menyebabkan datangnya trafik tinggi dari mesin pencari. Konten haruslah sesuai dengan keyword yang Anda bidik. Membuat artikel marketing yang tidak berhubungan dengan keyword hanya akan membuang waktu saja. Artikel tersebut bisa saja berguna bagi user, tapi tidak menyenangkan bagi mesin pencari. Oleh karena itu buatlah konten yang relevan dengan keyword Anda, lalu buatlah judul yang menarik yang mengandung kata kunci tertarget tersebut dan dapat menggambarkan konten secara keseluruhan.

Dua langkah di atas sangat wajib Anda lakukan untuk menigkatkan pengunjung tertarget ke website Anda. Jangan sesekali meremehkan salah satunya. lakukan dengan sungguh-sungguh dan Anda akan terkejut dengan peningkatan yang signifikan pada penjualan. Makin tinggi pengunjung tertarget makin tinggi pula tingkat penjualan. Meskipun dari waktu ke waktu keseluruhan trafik website Anda tidak menunjukkan peningkatan berarti.

1 komentar:

wina devani mengatakan...

Artikelnya sangat bermanfaat. Saya juga sedang mengembangkan website penjualan. Makasi infonya.

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template