Jumat, 31 Mei 2013

Kunci sukses bisnis internet untuk pemula

Diposting oleh Roby di 22.45
Internet berkembang begitu pesat, jika dibandingkan dengan dunia nyata, satu tahun di internet setara dengan sepuluh tahun di dunia nyata. Beberapa tahun lalu mendapatkan uang dari internet adalah hal yang masih asing dan dianggap sebagai angan-angan semata. Namun kenyataannya saat ini uang begitu derasnya mengalir di internet. Kepercayaan sudah mulai tumbuh meskipun antara pemilik uang dan pemilik barang atau jasa tidak pernah saling bertemu apalagi sampai kenal. Transaksi dilakukan hanya dengan menggunakan website.

Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi komputer dan internet, masyarakat umum sudah mulai melirik peluang yang sangat besar ini, peluang bisnis di internet dengan penghasilan yang berlimpah. Sudah banyak juga para pemain yang sudah menikmati hasil jerih payah mereka mencari uang online, tetapi yang gagal justru lebih banyak. Banyak ahli internet marketer mengatakan bahwa dari seratus orang pebisnis internet, hanya sepuluh yang berhasil bertahan, dan dari sepuluh tersebut hanya satu yang dapat bertahan beberapa tahun kemudian. Ini menunjukkan betapa besarnya tingkat kegagalan berbisnis melalui internet.

Berikut ini adalah beberapa kunci sukses mendapatkan uang dari internet, beberapa belum sempat saya jabarkan berhubung saya masih cukup sibuk, setidaknya poin-poin berikut dapat memberikan wawasan baru bagi para pemula di bisnis internet.

Kemauan mencoba

Kunci pertama yang harus dimiliki adalah kemauan untuk mencoba, sebenarnya tidak hanya berbisnis di internet, bisnis konvensional pun membutuhkan yang namanya mencoba. Bila tidak pernah mencoba, bagaimana mungkin keajaiban bisa terjadi, alih-alih menghasilkan uang, justru malah waktu habis terbuang. Bila Anda ingin menjadi pebisnis sukses di dunia maya dan mendapatkan uang yang banyak dari bisnis tersebut, jangan pernah ragu untuk mencoba. Anda akan mendapatkan banyak pengalaman dari mencoba, bahkan hanya untuk sesuatu yang sepele sekalipun.

Sebagian besar pemula terlalu banyak berpikir sebelum mencoba, bahkan menganggap bahwa mereka akan gagal tanpa dasar apapun. Seringkali diri sendiri menjadi alasan untuk tidak mencoba, seperti tidak mengerti komputer, tidak mengerti internet, tidak paham email, dan lain-lain, padahal jika mau mencoba semua itu pasti akan dimengerti tanpa terlalu banyak waktu dan tenaga. Justru anggapan seperti itu membuat mereka tidak akan pernah bisa mendapatkan uang dari internet.

Belajar adalah sebuah keharusan

Apakah Anda seorang ahli maupun seorang yang paling awam sekalipun, belajar adalah keharusan. Dengan terus belajar Anda akan meningkatkan kemampuan, wawasan, dan pengalaman. Semakin bertambah pengetahuan Anda maka semakin banyak kesempatan yang dapat diraih. Apalagi dalam hal bisnis internet, Anda tentu tau bagaimana perkembangan teknologi digital. Perkembangannya bisa mencapai 10 kali lipat teknologi non digital. Karena sangat cepatnya, informasi satu tahun yang lalu saja bisa jadi kadaluarsa saat ini. Itulah sebabnya Anda harus terus belajar dan belajar.

Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk mendukung proses belajar Anda. Anda dapat memilih belajar bisnis internet otodidak maupun membeli panduan berupa ebook atau video. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Penjelasan detil tentang kelebihan dan kekurangannya dapat Anda baca melalui link belajar bisnis internet otodidak tersebut.

Jangan ragu dan malas, semua diawali dari nol

Kunci kedua adalah memahami bahwa segala sesuatu diawali dari nol, tidak ada bayi yang baru lahir langsung berjalan dan berlari, tidak ada pohon yang tiba-tiba menjadi besar dan kokoh dalam sekejab. Bayi terlahir tidak bisa apa-apa, mereka memulai hidupnya dari nol. Begitu juga dengan pohon, untuk menjadi besar dan kokoh diawali dengan sebuah biji yang kecil.

Malas memang merupakan tantangan terbesar memulai segala sesuatu, oleh karena itu untuk dapat melewati masa-masa awal memulai bisnis di internet, rasa malas harus ditaklukkan. Begitu juga rasa ragu, rasa ragu jangan sampai membuat patah semangat, rasa ragu biasanya disebabkan karena ketidaktahuan terhadap sesuatu yang dihadapi, jadi untuk menghilangkan rasa ragu, carilah sebanyak mungkin sesuatu yang masih diragukan sampai Anda benar-benar yakin akan hal tersebut. Bila Anda dapat menyingkirkan rasa malas dan ragu, lalu memahami arti segala sesuatu itu memang dimulai dari nol Anda sudah punya modal untuk dapat menghasilkan uang dari internet.

Memahami sebuah proses dan tujuan

...

Kegagalan adalah pengalaman berharga

...

Anggapan bisnis internet hanya bisnis sampingan menyebabkan kurangnya ketekunan

...

Peluang sangat besar di masa mendatang sebagai motivator dan penyemangat

...

Fokus adalah kunci terpenting

Jika ingin menggeluti bisnis internet, fokuslah ke salah satu model bisnis. Anda boleh saja mencoba-coba berbagai model bisnis di internet, tapi cukup sebatas untuk menggali pengetahuan dan pengalaman. Jangan terlena pada kelebihan masing-masing model bisnis tersebut, karena pada akhirnya Anda akan menemui jalan buntu. Bila Anda fokus pada salah satu, maka apapun tantangan yang akan dihadapi, maka Anda akan terus berjuang untuk menaklukkannya sampai berhasil.

Ini dulu yang dapat saya bagikan, jika ada kesempatan akan saya jabarkan lebih lengkap lagi poin-poin tentang kunci sukses bisnis internet bagi pemula yang sudah saya sebutkan di atas. Semoga sukses selalu.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template