Rabu, 10 Juli 2013

Cara mengecek duplikat konten dengan copyscape

Diposting oleh Roby di 08.40
Jika Anda memiliki blog atau web, baik untuk tujuan bisnis maupun hobi, Anda tentu tidak ingin konten atau artikel Anda sama dengan orang lain. Atau bila Anda pemain adsense, tentu duplikat konten menjadi perhatian besar Anda. Duplikat konten selain beresiko banned akun adsense Anda, duplikat konten juga berpengaruh pada kepercayaan mesin pencari seperti google pada blog atau website Anda. Oleh karena itu Anda membutuhkan sebuah tool untuk mengecek apakah konten yang Anda buat duplikat atau tidak.

Sebenarnya jika Anda menulis sendiri artikel Anda hal ini tidak akan terjadi. Tetapi bila Anda mengutip beberapa sumber, Anda pasti tidak akan sadar bahwa ternyata kutipan Anda bisa jadi berlebihan. Atau bisa juga jika Anda mendaftarkan blog Anda ke website seperti zimbio, squido, dll yang menyediakan fasilitas grab artikel blog Anda otomatis, maka konten Anda akan menjadi duplikat 100 persen.

Berikut cara mengecek duplikat konten dengan copyscape.com.

Masuk ke website tersebut, Anda akan melihat tampilan sebagai berikut:

cara mengecek duplikat konten dengan copyscape
salah satu cara mengecek duplikat konten adalah dengan copyscape

Masukkan url yang ingin Anda cek. Anda dapat memilih sebuah halaman di blog atau website untuk dicek dengan copyscape. Klik Go, maka copyscape akan menampilkan hasil pengecekan. Sebagai contoh saya menggunakan sebuah blog dengan tema home decoration. Saya mengecek halaman "http://yourresidence.blogspot.com/2013/07/choosing-interior-paint-colors-and.html". Hasilnya ditampilkan pada gambar berikut:

hasil copyscape ditemukan duplikat konten
hasil copyscape ditemukan duplikat konten

Terdapat dua halaman lain yang terdeteksi sebagai duplikat konten. Jika Anda klik salah satunya, misal yang pertama maka copyscape akan menampilkan rincian kalimat atau kata yang duplikat. Copyscape juga menghitung jumlah kata dan persentase yang duplikat. Perhatikan gambar selanjutnya di bawah ini:

rincian konten yang duplikat
rincian konten yang duplikat

Kalimat atau kata yang diblok warna merah adalah yang terdeteksi duplikat. Perhatikan informasi di bagian atas. Disebutkan terdapat 111 kata yang sama yang mencapai 15 persen dari total halaman.

Kemudian saya berikan contoh kedua menggunakan blog dengan tema permainan bulutangkis. Saya cek halaman yang ini "http://mahirbulutangkis.blogspot.com/2013/07/ukuran-lapangan-bulutangkis.html". Hasilnya dapat Anda lihat pada gambar berikut:

hasil copyscape konten 100 persen unik
hasil copyscape konten 100 persen unik
Copyscape tidak menemukan satu halaman pun yang duplikat dengan konten tersebut. Itu berarti konten tersebut 100 persen unik.

Mulailah mengecek halaman blog Anda terutama jika Anda sering mengutip atau mengcopy beberapa bagian dari halaman web lain untuk dijadikan konten blog Anda. Bila kadarnya sedikit harusnya tidak terlalu jadi masalah, tapi bila hampir semua konten Anda duplikat ini yang bisa jadi masalah. Terutama kaitannya dengan adsense atau mesin pencari.

7 komentar:

Ermawati Pisces mengatakan...

makasih informasinya

Iosi Pratama mengatakan...

Ohh , Terima kasih mas, allhamudulillah , blog saya no result , akan terus saya pertahankan untuk menulis artikel-artikel unik berikutnya , thanks sekali lagi

khairil lutfi mengatakan...

jika mau mendapatkan yang copyspace pro atau premiun giamana

Roby mengatakan...

untuk yang pro sy belum pernah mencobanya

Lili Ani mengatakan...

kalau mau cek tulisan yang belum dipublikasikan di blog gimana min?

Iman Lukman Nul Hakim mengatakan...

Mas kalau yang dimasukkan itu alamat home blognya itu bisa???

Kalau di atas mas, memasukkannya alamat halaman blog kan ya, nah kalau alamat home blog atau alamt blognya saja bukan alamt artikelnya itu gmn?

Budi Hidayat mengatakan...

Keunikan konten dalam blog memang sudah jadi keharusan jika tidak ingin dianggap plagiat,,, tutorialnya sangat membantu,,syukurnya blog saya bebas dari duplicate content,,mari berkreasi,,salam sukses

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template