Senin, 02 September 2013

Cara menaikkan rating (seo) blog

Diposting oleh Roby di 13.11
Beberapa waktu lalu pada sebuah diskusi internal ada sebuah pertanyaan, yaitu bagaimana cara menaikkan rating (seo) blog?... Pertanyaan ini merujuk pada sebuah blog yang sempat mendapat peringkat dengan kata kunci kompetitif pada tahun 2010 namun kemudian menghilang dari google serp.

Ada banyak faktor agar bisa dapat rangking lagi, ilmu seo memang luas, tapi ada beberapa hal yang bisa dikatakan merupakan faktor yang sangat menentukan. Berikut 3 hal penting yang dapat menaikkan rating blog:
  1. Konten, mesin pencari fokus utamanya adalah konten. Konten itu ada berbagai macam, ada yang bermanfaat, banyak, menarik, atau selalu fresh, lihat juga artikel tentang duplikat konten. Nah salah satu yang paling penting adalah konten yang fresh, dalam artian selalu diperbaharui, atau dengan kata lain selalu ada update, entah itu konten lama yang selalu aktif, atau konten baru selalu ditambahkan pada blog tersebut. Silahkan Anda bandingkan, situs lama yang lengkap dengan konten bermutu tapi bertahun-tahun tidak pernah di-update dengan situs forum yang isinya ringkas-ringkas, gak muluk-muluk tapi selalu fresh bahkan dalam hitungan detik selalu ada yang baru. Sebagai contoh website dimana dua konten terakhirnya yang satu dibuat tahun 2011 dan yang satu lagi 2013, wajar aja ditinggalkan mesin pencari.
  2. Keyword, keyword lah yang mempertemukan antara informasi dan yang mencari informasi, itulah sebabnya keyword menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan rangking. Meskipun keyword yang ditemukan pada website tidak dapat berdiri sendiri dalam menaikkan rangking, akan tetapi halaman yang tidak menuliskan 1 kata pun tentang keyword tersebut tentunya menjadi wajar untuk tidak dirangking dengan baik untuk kata kunci tersebut. Sederhana saja, sulit orang akan percaya bahwa seseorang itu sedang membicarakan parfum tapi yang disebut-sebut adalah baju yang segar jika dipakai. Meskipun maksudnya adalah parfum/wewangian tapi pendengar mungkin akan lebih percaya bahwa orang itu sedang membicarakan pakaian.
  3. Anchor Text pada backlink, jika faktor pertama adalah konten up to date, faktor kedua adalah informasi atau materi yang dimiliki berupa keyword, maka yang ketiga adalah faktor dari mulut ke mulut. Yang saya maksud adalah mesin pencari besar seperti google dapat omongan dari siapa tentang sebuah website. Ini adalah salah satu faktor yang paling banyak menentukan rangking dari dulu hingga sekarang, yaitu anchor text pada sebuah link. Ada banyak kriteria, tapi secara sederhana dapat dikatakan semakin banyak situs lain yang me-link ke website dengan kata kunci tertentu (anchor text-nya), semakin tinggi juga peluang rangking website untuk kata kunci tersebut.
Demikianlah 3 hal pokok yang menjadi pondasi untuk dapat menaikkan rating (seo) sebuah blog. Silahkan mempelajari lagi setiap detil dari ketiga hal pokok tersebut agar dapat dengan mudah dipraktekkan dan mendapatkan hasil atau rating blog yang memuaskan. Anda dapat juga membaca artikel terkait tentang cara meningkatkan pengunjung website.

4 komentar:

lia irna mengatakan...

saya coba nih gan ,, mudah2n berhasil ,

Spring A mengatakan...

silakan, semoga berhasil :)

Mahopedia Zing mengatakan...

Saya akan menerapkannya dengan sebaik mungkin, semoga ilmu yang sobat sebarkan dapat bermanfaat untuk blogger pemula lain :)

meNu mengatakan...

terima kasih banyak infonya.

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template