Kamis, 05 September 2013

Tutorial cara riset keyword bagian 1

Diposting oleh Roby di 08.14
Tutorial cara riset keyword bagian 1 (Mengenal apa itu riset keyword) - Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengejar rangking di google adalah riset keyword. Apa itu riset keyword? riset keyword bila diartikan ke bahasa indonesia secara detil adalah "meneliti kata kunci", maksudnya adalah melakukan pengecekan terhadap kata kunci yang akan kita target apakah memenuhi syarat atau tidak untuk dilakukan optimasi seperti tingkat persaingannya, tingkat kesulitannya, jumlah pencarian yang menggunakan kata kunci tersebut, dan lain-lain.

Mengapa harus diteliti dan bagaimana menelitinya? Ini pertanyaan yang sangat penting. Saya akan berikan 2 buah contoh, yang pertama adalah riset keyword untuk usaha/bisnis yang sudah dimiliki, yang kedua adalah riset keyword untuk usaha atau bisnis yang belum dimiliki, karena masih mencari-cari ide atau pasar yang dituju.

Contoh pertama, bila Anda memiliki usaha jasa pembuatan sumur, kemudian Anda membuat halaman web berupa blog atau website yang berisi informasi tentang jasa yang Anda tawarkan. Yang diteliti adalah kata kunci apa yang akan ditarget untuk mendapatkan rangking di pencarian google sehingga orang-orang yang membutuhkan jasa pembuatan sumur dapat menemukan web Anda. Nah pasti akan ada banyak sekali kata kunci yang diketikkan oleh orang yang sendang mencari informasi itu, mulai dari yang hanya sekedar 2 kata seperti "membuat sumur" sampai yang teramat detil seperti "jasa membuat sumur bor murah di jakarta". Nah mana yang ditarget? Anda bisa saja mendapatkan target hampir semua kata kunci tersebut jika Anda memiliki artikel yang sangat banyak, misal ribuan, ini mungkin, tapi mustahil dilakukan bila Anda baru saja membuat blog, mustahil bila Anda tidak cukup kekuatan untuk membuat artikel entah itu kemampuan menulis atau kemampuan membayar penulis. Jadi dengan riset keyword Anda akan terbantu untuk memilih kata kunci yang menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan Anda. Bahkan dengan mengetahui cara riset keyword yang tepat Anda dapat dengan mudah melakukan optimasi sebuah halaman saja dengan kata kunci yang menguntungkan dan mendapat rangking #1 google.

Contoh kedua, bila Anda belum memiliki usaha apapun, tapi berencana mengembangkan usaha dan mempromosikannya melalui internet, tapi Anda masih mencari-cari ide, usaha apa yang sebaiknya dipilih dan prospeknya bagus. Dengan riset keyword Anda dapat dengan mudah membuat keputusan berdasarkan data-data yang Anda dapatkan dari hasil riset keyword tersebut dengan menggunakan tool gratis yang akan saya jelaskan pada pembahasan berikutnya.

Riset keyword adalah langkah wajib yang harus Anda lakukan sebelum melakukan langkah-langkah SEO selanjutnya. Ini berlaku untuk semua tujuan Anda membuat halaman di internet, apakah Anda hanya sekedar hobi, seorang blogger, seorang penulis, seorang pakar profesional, pengusaha konvensional, pengusaha online, dll. Alasannya hanya satu, agar Anda mendapatkan rangking teratas di mesin pencari khususnya google. Sebaliknya bila Anda tidak mendapatkan rangking yang baik, maka Anda tidak akan mendapatkan hasil atau manfaat yang maksimal. Sebagian kecil pengunjung bisa saja menemukan website Anda, tapi sebenarnya Anda telah mengabaikan peluang yang sangat besar dari pengunjung lainnya yang sangat banyak sekali.

1 komentar:

korban tempir mengatakan...

Jadi, tahu lebih dalam nih sob tentang cara mencari keyword, sekalian ijin nambahin aja ya sob, memang pada dasarnya dalam memilih kata kunci (keyword) harus dilihat peluang kedepannya, apakah hasil pencarian naik, stabil atau malah turun, jika turun ya lupain aja, mungkin itu aja dan terimakasih banyak suda mau berbagi sobat.

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template