Selasa, 08 Oktober 2013

Keuntungan kredit rumah dengan cicilan tetap atau flat

Diposting oleh Roby di 08.23
Setiap orang ingin memiliki rumah, akan tetapi sulit mencari rumah yang murah, karena memang rumah merupakan barang yang proses pembuatannya memerlukan banyak sekali bahan dan tenaga, hanya segelintir orang yang mampu beli rumah dengan cara tunai, kebanyakan orang mau tidak mau harus kredit rumah untuk bisa memilikinya. Terdapat beberapa variasi kredit rumah, di antaranya kredit bunga tetap, buka efektif, dan bunga anuitas. Masing-masing punya karakter tersendiri dalam penerapannya. Nah kali ini saya akan mengutarakan keuntungan kredit rumah dengan cicilan tetap atau bunga flat.

Bunga flat/tetap artinya cicilan akan selalu sama dari cicilan pertama sampai cicilan terakhir. Perhatikan pada gambar di bawah ini, pinjaman tidak berubah hingga akhir masa pinjaman.

keuntungan kredit rumah bunga tetap
keuntungan kredit rumah bunga tetap

Memang cicilan tetap cenderung sedikit lebih mahal dari jenis kredit lainnya, meskipun ini merupakan sebuah kelemahan model kredit ini, tetapi kelebihannya jauh lebih menguntungkan. Dengan cicilan tetap misal hingga 10 tahun, Anda akan merasa aman dan nyaman. Aman dari perubahan suku bunga dan inflasi, apapun kondisi ekonomi cicilan Anda akan tetap segitu.

Anda juga akan merasa nyaman dan tenang, karena Anda sudah dapat mengatur keuangan atau memperkirakan pengeluaran rutin Anda dalam hal kredit ini hingga 10 tahun ke depan. Sedangkan bila Anda perhatikan, misalkan Anda membayar kredit 900.000 tetap hingga 10 tahun mendatang. 900.000 itu jauh lebih kecil nilainya untuk 10 tahun ke depan dibandingkan sekarang. Jadi secara tidak Anda sadari, setiap tahun sebenarnya membayar kredit dengan bunga tetap adalah semakin ringan bagi Anda.

Bandingkan dengan cicilan yang mengikuti suku bunga, 10 tahun ke depan pasti akan naik, karena yang pasti inflasi akan terus naik sedikit demi sedikit yang tentunya suku bunga juga akan naik menyesuaikan. Belum lagi bila terjadi guncangan ekonomi seperti misalnya pada masa sejarah tahun 1998 yang menyebabkan nilai rupiah anjlok.

Itulah salah satu keuntungan kredit rumah dengan cicilan tetap atau flat. Silahkan Anda sendiri yang menentukan mau pilih model yang mana. Yang pasti, rumah merupakan kebutuhan pokok setiap orang, bagaimapaun kita tetap membutuhkannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template