Rabu, 20 November 2013

Mengukur tingkat kesulitan dan persaingan di google

Diposting oleh Roby di 08.29
Mengukur tingkat kesulitan dan persaingan di google - Setelah Anda mengamati berbagai kata kunci melalui google keyword tools, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengukur tingkat kesulitan dan persaingan. Tingkat kesulitan maksudnya adalah seberapa sulit membuat halaman web berada di rangking teratas mesin pencari, kesulitan berhubungan dengan seberapa besar pesaing dan seberapa kuat seonya.

Berikut beberapa tolok ukur tingkat kesulitan seo:

Banyak sedikitnya jumlah pencarian suatu kata kunci. Semakin banyak jumlahnya biasanya semakin banyak juga website yang menarget kata kunci tersebut, tetapi tidak selalu, bila Anda menemukan kata kunci dengan jumlah pencarian tinggi tetapi ternyata persaingannya sedikit, itu berarti kata kunci tersebut mudah sekali dirangking dengan peluang visitor yang besar. Bagi pemula mulailah menarget kata kunci dengan jumlah pencarian yang kecil tapi jangan terlalu kecil, ambil saja di kisaran 100 – 300, bila Anda mencoba yang dibawah 100 Anda akan rugi karena biasanya visitornya terlalu sedikit meskipun halaman Anda berada di #1 google, kecuali kata kuncinya memang sangat menguntungkan.

Istilah competition pada google keyword tools bukanlah persaingan Anda yang sebenarnya, itu adalah persaingan pada iklan google (adword), tetapi data ini cukup memberikan indikasi bahwa persaingan yang ketat menunjukkan kata kunci tersebut banyak dikejar banyak website, sehingga biasanya persaingan pada pencarian google pun juga ketat.

Menghitung jumlah pesaing yang menggunakan kata kunci pada judul artikel, setiap artikel yang judulnya mengandung kata kunci merupakan pesaing yang pasti, tetapi banyaknya jumlah pesaing dengan judul mengandung kata kunci tidak menentukan tingkat kesulitan dalam mengalahkannya, namun semakin kecil jumlahnya menunjukkan belum banyak artikel yang membahas tentang kata kunci tersebut. Ini merupakan peluang yang sangat besar agar halaman yang Anda buat dapat langsung berada di posisi teratas. Cara mengetahui pesaing ini adalah dengan mengetikkan allintitle: kata kunci di mesin pencari google. Perhatikan gambar

--

Pesaing yang sesungguhnya adalah hasil pencarian yang Anda lihat langsung di google. Tetapi perlu diingat jangan terpengaruh dengan jumlah hasil pencarian, karena hasil pencarian biasanya tetap besar, lihat gambar

--

Mengapa besar, karena google akan selalu mencocokan dengan artikel apa saja yang ada di internet, bahkan dengan kecocokan yang sangat kecil sekalipun. Terkadang artikel yang bertolak belakang saja bisa tampil. Asal masih ada kata kunci yang disebutkan di halaman web biasanya sudah masuk ke dalam daftar halaman hasil pencarian. Oleh karena itu meskipun hasilnya jutaan ini bukan angka yang berarti. Justru pesaing yang harus Anda perhatikan adalah 10 website yang tampil di halaman pertama google. Setidaknya 3 teratas dapat Anda amati baik-baik, sejauh mana on page seonya, sejauh mana off page seonya, dan seberapa besar otoritas dari website tersebut, ketiganya akan dibahas pada bab tersendiri.

Mengukur pesaing yang menggunakan kata kunci secara persis pada judul atau isi artikel. Caranya adalah dengan menggunakan kata kunci diapit oleh dua tanda petik, contoh: “kamera saku murah” Pesaing yang masuk ke daftar ini belum tentu pesaing yang berat meskipun berada di paling atas hasil pencarian. Karena pengguna jarang sekali menggunakan tanda petik saat pencarian. Tapi yang penting dari pengecekan ini adalah untuk mengetahui berapa jumlah halaman yang menggunakan kata kunci persis, baik pada judul atau pada artikel. Jumlah ini menunjukkan berapa banyak artikel lain yang berisikan kata kunci tersebut. Anda tidak harus menggunakan kedua metode allintitle ataupun tanda petik. Salah satunya saja sudah cukup untuk menjadi tolok ukur tingkat persaingan. Akan tetapi dalam proses seo nantinya akan terbentuk kebiasaan apakah Anda lebih sering merangking yang allintitlenya sedikit, atau mungkin Anda lebih sering berhasil merangking yang kata kunci exactnya sedikit. Setiap orang akan berbeda-beda tergantung pengembangan skill seo masing-masing seiring seringnya latihan.

Mengukur persaingan berdasarkan informasi dari hasil pencarian google. Seperti yang saya sebutkan di atas, google akan selalu menampilkan sekecil apapun hubungannya dengan kata kunci. Tetapi google menyediakan perintah khusus untuk menampikan halaman yang paling relevan saja menurut penilaian google. Caranya dengan menggunakan &start=990

--

Dana ini menunjukkan bahwa saingan yang sesungguhnya hanyalah .... Berdasarkan informasi ini Anda akan lebih mudah mengukur seberapa besar tingkat persaingan dari kata kunci yang ditarget.

2 komentar:

purwoceng dieng mengatakan...

Artikel yg bagus mas. Mau tanya, kl cara mengetahui 3 teratas kuat atau tdk gmn caranya mas. Mksh

Roby mengatakan...

salah satu caranya adalah mengecek kuantitas dan kualitas backlinknya, semakin banyak backlink semakin kuat posisinya, semakin tinggi kualitas backlink semakin kuat juga, kualitas backlink dapat diukur dengan mudah dengan melihat situs sumber backlink tersebut, jika situs sumber backlink adalah situs yang ternama dan memiliki pagerank tinggi berarti lebih kuat lagi.

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template