Rabu, 05 Desember 2012

Belajar Badminton atau Bulu Tangkis dari Nol

Diposting oleh Roby di 15.15
Sering liat pertandingan badminton di televisi?... atau sering liat teman atau masyarakat di kampung lagi seru-serunya bermain badminton?... Mungkin ada yang hanya suka menonton, atau malah pengen bisa main tapi gak pede, atau gak ada yang ngajarin, atau ada kesempatan tapi gak tau harus bagaimana mainnya atau harus belajar dari mana. Mempelajari jenis olah raga ketika sudah dewasa memang gampang-gampang susah, kebanyakan orang-orang yang seumur dengan kita sudah mahir-mahir memainkannya. Ini di satu sisi dapat menguntungkan karena ada yang bisa ngajarin, tapi di sisi lainnya membuat kita tidak percaya diri dan khawatir akan mengganggu mereka.

Bila Anda sudah cukup dewasa dari segi umur, tapi tertarik untuk belajar badminton meskipun dari tidak bisa sama sekali, jangan khawatir, kunci pertama adalah kemauan, kemudian ada kesempatan. Ya, kesempatan itu penting, bagaimana kita dapat mencobanya jika tidak pernah mendapat kesempatan, jadi jangan sia-siakan kesempatan, hilangkan rasa malu, jika ada teman sekampung, teman sekolah, teman kuliah, teman kerja yang bisa bermain badminton, cobalah untuk ikut dengannya, mulailah dengan melihat, mencoba sedikit demi sedikit. Setelah itu Anda dapat memulai mempelajari teknik dan teori-teorinya agar Anda dapat menikmati permainan badminton dengan percaya diri dan menyenangkan.

Setelah ada kemauan dan kesempatan, perlu diingat kita harus melewati masa-masa awal saat mulai bermain badminton. Kesalahanku dulu waktu SMA adalah aku langsung menyerah setelah mencoba susah banget pindah-pindah mengambil cock di lapangan, rasanya lapangannya luas banget, dan rasanya gak punya tenaga untuk lompat sana lompat sini. Aku menyesal berpikiran begitu, sehingga akhirnya aku baru bisa badminton setelah bekerja, dimana hanya ada kesempatan satu minggu sekali dengan sesama teman di kantor.

Selain masalah ukuran lapangan yang terasa terlalu luas untuk kita langkahi, masalah lain yang juga membuat surut semangat adalah pegal-pegal setelah bermain. Ini yang harus kita pahami, bagi Anda yang jarang berolah raga, pasti menjadi masalah yang besar setelah mencoba berolah raga, meskipun hanya olah raga ringan. Yang harus kita pahami adalah pegal-pegal setelah olah raga hanya terasa berat di awal saja, bila kita paksakan untuk melakukannya lagi setelah 3 hari atau setelah 1 minggu, pegal-pegal tidak akan terasa lagi, ingat juga, bila Anda berhenti, misal 1 bulan gak pernah olah raga, maka pegal-pegal akan datang lagi setelah memulainya kembali, jadi kunci lainnya adalah lewati masa pegal-pegal dan lakukan secara rutin, pasti badan kita ketagihan untuk terus berolah raga.

Masalah berikutnya adalah gak kuat memukul cock, jangankan separo lapangan, sepertiganya aja gak nyampe. Nah kalo ini orang yang punya tenaga lumayan aja kalo namanya baru belajar pasti juga gak nyampai, dan bukan hanya gak nyampai, seringnya gak kena, atau lebih parah lagi gak bisa memukul sama sekali, tapi gak masalah, bila terus berlatih dan mencoba lama kelamaan akhirnya akan bisa.

Kunci terakhir bagi para pemula adalah jangan patah semangat, masalah yang tak terduga saat berlatih adalah ketika kita bergabung dengan teman atau orang lain yang sudah bisa atau sudah mahir, tapi kurang berempati, atau sifatnya agak kurang enak buat kita. Ini pastinya akan kita temui, biasanya ada di antara orang-orang yang sudah bisa atau mahir bermain yang tidak suka dengan kehadiran kita karena dianggap mengganggu keasyikan mereka bermain, yang perlu disiasati adalah pilihlah teman atau lawan bermain yang bisa memahami atau lebih baik lagi kalo bisa mengajari dengan sabar. Bila Anda bertahan dalam kondisi ini, insyaAllah cepat atau lambat Anda akan menjadi mahir juga bermain bulu tangkis, saya bilang demikian karena saya sudah merasakan berbagai masalah di lapangan sampai akhirnya saya sekarang lebih percaya diri bila sedang bermain badminton.

So, cobalah mengikuti beberapa tips di atas, selanjutnya kita akan memahami lebih jauh tentang teknik dan teori bermain bulu tangkis yang bila kita pahami dan kuasai permainan akan semakin seru dan nikmat, selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template