Thursday, December 6, 2012

Mengenal Berbagai Jenis Pukulan pada Permainan Bulu Tangkis

Posted by Spring A at 2:54 PM
Para pehobi olah raga badminton baik pemula maupun yang sudah rutin berlatih, semuanya perlu mengetahui macam-macam pukulan dan istilahnya. Hal ini penting agar setelah kita mengenalnya kita akan terpacu untuk mengetahui lebih lanjut apakah kita sudah mempraktekkannya dengan teknik yang benar. Bila seseorang yang sudah rutin bermain tapi tidak pernah memperdalam ataupun hanya sekedar mengenal nama-nama pukulan pada permainan bulu tangkis, bisa saja dia sudah mempraktekkan sebagian besar tekniknya, tapi biasanya ada beberapa yang masih keliru, karena tidak pernah dikenali dan dievaluasi, maka hal itu jadi kebiasaan dan tidak berkembang karena dia tidak pernah menyadarinya, apalagi jika teman atau lawan bermain juga tidak pernah memperhatikan atau justru tidak tau juga.

Berikut jenis-jenis pukulan pada permainan badminton:

1. Clear

Pukulan Clear adalah pukulan dari posisi belakang lapangan menuju posisi belakang lapangan lawan dengan cock masih berada di atas kepala lawan meskipun lawan sudah berdiri di posisi belakang lapangan, cock akan jatuh di posisi belakang lapangan lawan tidak jauh dari garis paling belakang. Bagi pemula pukulan ini hampir tidak pernah berhasil dilakukan, kebanyakan pemula hanya mampu memukul dari belakang lapangan sampai posisi tengah lapangan lawan saja, dan bila Anda sedang berhadapan dengan lawan yang sudah mahir, maka siap-siap Anda akan di smash dengan sangat kencang. Biasanya masyarakat indonesia menyebut pukulan ini dengan istilah Lob yang artinya memukul tinggi-tinggi. Pukulan Clear adalah pukulan yang wajib dilatih terus menerus oleh pemula, karena bila Anda tidak pernah berhasil melakukan pukulan ini, maka Anda tidak bisa menikmati permainan badminton karena setelah itu Anda akan dipatahkan terus dengan pukulan smash oleh lawan bermain.
jenis pukulan badminton - clear 1
jenis pukulan badminton - clear dari arah lawan

jenis pukulan badminton - clear 2
jenis pukulan badminton - balasan pukulan clear

2. Flick

Flick artinya menjentikkan, memukul cock dengan flick artinya menjentikkan raket dari bawah ke atas, biasanya ini dilakukan ketika kita berada dekat dengan net, saat melakukan service atau saat menerima cock yang dekat dengan net, atau bisa juga saat mengembalikan smash. Pukulan flick akan menyebabkan bola melambung ke atas. Berbeda dengan Clear dimana baru dapat dikatakan memukul clear dengan benar bila cock jatuh di posisi paling belakang lapangan lawan, pukulan flick asalkan bola melambung saja ke arah belakang berarti sudah benar, tidak adanya keharusan jatuhnya di posisi mana karena hal ini tergantung kondisi di lapangan, bila cock yang akan kita flick terlalu mepet dengan net, kita tidak mungkin melambungkannya sampai ke belakang lapangan lawan karena sudutnya terlalu vertikal. Yang harus diwaspadai ketika melakukan flick adalah serangan smash dari lawan, oleh karena itu sebisa mungkin untuk memukul flick melambung ke arah belakang lapangan lawan, jika tidak memungkinkan, maka Anda dituntut untuk mampu mengembalikan smash dengan lebih baik. Pukulan flick kadang juga disebut Lob oleh masyarakat indonesia, karena sama-sama memukul bola tinggi-tinggi.
jenis pukulan badminton - flick serve
jenis pukulan badminton - flick serve

3. Smash

Berbeda dengan Clear dan Flick yang akan memposisikan pemain untuk bertahan dari serangan, maka Smash adalah pukulan untuk menyerang, Smash adalah pukulan dari tengah atau dari belakang lapangan ketika cock masih berjarak cukup di atas kepala, cock yang dapat di smash adalah cock yang dipukul oleh lawan dengan pukulan clear atau flick, karena kedua pukulan ini menyebabkan cock melambung dan akan berada di atas kepala dengan jarak yang cukup memadai untuk dibalas dengan pukulan smash. Pukulan smash menyebabkan cock meluncur ke bawah dengan cepat, sehingga cock akan meluncur lurus dan tajam, cock akan jatuh ke bagian belakang atau tengah lapangan lawan. Meskipun smash terlihat menarik dan mudah dilakukan, bagi pemula ini bukanlah hal yang gampang, perlu latihan mulai dari mengarahkan pukulan ke bawah, tenaga yang dikerahkan, waktu yang tepat untuk melakukan smash, dan juga teknik yang benar. Pemula seringkali ingin melakukan smash tapi justru bola melambung seperti clear, saat memukul tidak mengenai cock, atau malah sebelum memukul, cock sudah hampir jatuh ke lapangan, dan kendala lainnya, tapi bila terus berlatih dan mengevaluasi diri, cepat atau lambat pukulan smash akan dikuasai dan permainan akan semakin seru.

4. Drop Shot

Drop berarti jatuh, drop shot adalah pukulan yang membuat cock terjatuh dekat dengan net lawan, pukulan ini cukup ampuh bila posisi lawan sedang agak jauh dari net, karena cock meluncur hanya sedikit lebih tinggi dari net maka cock cepat juga jatuhnya, bila lawan terlambat memukulnya kembali, cock akan segera jatuh. Perlu dipahami pukulan drop shot adalah pukulan dari tengah atau dari belakang lapangan. Pukulan ini membutuhkan feeling dan latihan yang cukup, karena dekat dengan net, maka resikonya adalah cock terlalu tinggi atau cock tidak sampai melewati net.

5. Net Shot

Seperti yang saya sebutkan tadi, drop shot adalah memukul bola dari tengah atau belakang lapangan dan cock jatuh dekat dengan net. Nah jika cock dipukul dari dekat net dan jatuh di dekat net sebelah lapangan lawan ini disebut dengan net shot, pukulan ini memerlukan kontrol yang baik, karena pukulan net shot hanya memerlukan sedikit sekali tenaga dan ayunan raket. Bila belum terlatih, maka resikonya adalah cock terlalu tinggi atau cock tidak melewati net. Net shot juga dapat dipukul dari tengah lapangan, saat kita mengembalikan smash dengan pelan, sehingga cock jatuh dekat net di lapangan lawan.

6. Net Kill

Net kill adalah pukulan dari dekat net, biasanya net kill digunakan untuk membalas pukulan drop shot atau net shot, kecepatan dan arah cock mirip dengan smash, cock yang baru saja melewat net langsung dipukul dengan sudut seperti smash yaitu ke bawah, cock akan meluncur dengan lurus dan tajam. Hampir tidak mungkin net kill dapat dibalas, karena cock sangat rendah, meluncur cepat dan segera akan jatuh di lapangan. Tapi net kill membutuhkan kecepatan dan ketepatan, saat cock baru saja melewati net, cock langsung dipukul dengan net kill.

7. Drive

Drive adalah pukulan datar dan kecetapan sedang, dengan ketinggian sedikit di atas kepala, sejajar, atau sedikit di bawah kepala, pukulan drive dapat dilakukan dari arah belakang jika cock tidak cukup tinggi untuk di smash, atau dari arah tengah, dan bisa juga dari arah depan atau dekat net. Karena cock posisinya tidak terlalu tinggi, cock juga akan segera jatuh ke lapangan.

8. Push

Push mirip dengan drop shot dan mirip juga dengan drive, bisa dikatakan di tengah-tengah antara drive dan drop shot. Pukulan push berarti mendorong, mendorong cock dengan raket sehingga cock meluncur ke depan seperti drive tapi tidak cepat dan tidak juga lurus, akan segera jatuh ke lapangan seperti drop shot tapi tidak dekat dengan net. Push biasanya digunakan saat lawan memukul dengan drop shot, kemudian lawan bersiap-siap jika kita akan memukul dengan net shot sehingga lawan mendekat ke net, nah saat itu kita pukul cock dengan push sehingga cock akan melewati lawan dan akan jatuh segera tidak jauh dari belakang badan lawan, pukulan ini cukup mematikan jika dilakukan dengan kondisi yang tepat karena lawan tidak akan sempat berbalik untuk memukulnya kembali.

9. Service

Service adalah pukulan pertama yang harus dilakukan, bagaimana aturan service akan kita bahas di halaman berbeda, yang penting yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah apa saja pukulan yang dapat dilalukan saat service. Ada beberapa pilhan pukulan saat service, yang pertama Low Service, memukul cock dengan pelan dari belakang garis service dan cock akan meluncur pelan dan hanya sedikit lebih tinggi dari net, cock akan jatuh di belakang garis service lawan. Yang kedua adalah Long Service, yaitu memukul cock sehingga cock akan melambung tinggi dan akan jatuh sedikit di depan batas service bagian belakang. Long Service dapat juga disebut flick service. Yang ketiga adalah drive service, meskipun ini jarang dilakukan karena cukup sulit, karena aturan service tidak boleh memegang cock lebih tinggi dari pinggang, sedangkan pukulan drive bersifat lurus, cepat dan tidak terlalu tinggi. Sangat sulit untuk memukul bola lurus atau datar ke depan dengan cepat dan tidak terlalu tinggi tetapi dipukul dari arah bawah pinggang. Resikonya jika Anda tidak begitu cepat bersiap-siap menghadapi balasan pukulan lawan, balasan oleh lawan dengan pukulan drive juga akan sangat mematikan.
jenis pukulan badminton - low service
jenis pukulan badminton - low service

Itulah jenis-jenis pukulan dalam permainan bulu tangkis, clear, flick, smash, drop shot, net shot, net kill, drive, push, dan service, semuanya akan sering kita temui saat menonton pertandingan badminton, atau saat sedang bermain dengan teman. Minimal Anda ketahui dulu jenis dan namanya, selanjutnya Anda bisa mempelari satu demi satu pukulan tersebut, tidak mungkin semua sekaligus, semuanya butuh proses, jika bosan belajar yang satu tapi belum juga berhasil coba pelajari pukulan lainnya, sampai akhirnya Anda menguasai.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template