Thursday, May 16, 2013

Tempat mancing di Jogja yang patut dicoba

Posted by Roby at 10:30 PM
Inilah daftar tempat mancing di Jogja yang patut dicoba. Sudah lama saya tidak memancing, sudah mulai kangen dengan hobi yang satu ini, sekedar untuk melepas rasa kangen saat belum ada waktu buat mancing saya share aja tempat mancing di jogja:

  1. Pemancingan Kadisoka: Dari ring road utara Jogja, tepatnya pertigaan LotteMart (dulu Makro) ke utara, sampai ketemu perempatan kalo ke kiri ke stadiaon maguwoharjo, pilih jalur yang ke kanan, terus aja ikutin jalan sampai ketemu pemancingan besar sebelah kanan jalan, cirinya disini selalu ramai pengunjung, kelihatan orang-orang pada duduk mancing, hari libur penuh banget. Tempat ini cocok bagi yang suka mancing Bawal dan Nila, Bawalnya gede-gede, tapi untuk nilanya perlu umpan lumut biar bisa dapat yang gede dan biar gak keduluan disambar bawal.
  2. Pemancingan Ticha: Dengan jalur yang sama dengan pemancingan Kadisoka, pemancingan ini berada sebelum pemancingan kadisoka, cirinya ada pondok makan, meskipun target utama pengunjungnya adalah yang mau makan, tapi disini enak buat mancing aja tanpa harus makan, saya dulu sering sekali kesana, ikannya memang tidak terlalu besar, kebanyakan nila, yang saya sukai disini adalah kolamnya yang masih alami, tanpa disemen, sehingga melempar ke pojok-pojok merupakan keasikan sendiri saat memancing untuk mendapatkan nila yang lebih bisar sambil duduk di pondok bambu.
  3. Pemancingan Kampung Banyu: Masih di lokasi utara Jogja, paling mudah lewat selokan mataram sebelah timur ring road, terus aja sampai ketemu sungai besar, dari atas jembatan diatas selokan mataram itu akan terlihat sebelah utara ada pemancingan, tapi masuknya terus lagi ke timur, ada jalan kecil ke utara. Tempat ini sebenarnya tempat bermain, ada water boom kecil disana, tapi juga menyediakan pemancingan yang lumayan luas. Disini juga lengkap, mulai dari bawal babon dan nila gede-gede.
  4. Pemancingan di Jalan Solo (saya lupa namanya): letaknya di pinggir jalan solo Yogyakarta sebelah selatan, sekitar 10 menit dari bandara Adisucipto Jogja. Disini relatif baru, ada tempat bermain anak juga seperti mandi bola dan bebek-bebek. Kebanyakan ikannya patin, tapi setahun yang lalu masih kecil-kecil ikannya, mungkin sekarang sudah lumayan, tempatnya enak, bisa makan juga disana.
  5. Pemancingan Banyumili: Ini sebenarnya restoran, tapi di belakangnya terbentang luas kolam yang ditata dengan indah, disana bisa mancing, tapi memang saya belum pernah mancing disana, hanya sering liat orang, soalnya pas kesana ngajak anak berenang aja karena ada kolam kecil dan dangkal khusus anak-anak. Tempat ini asyik banget, dibuat alami dan luas sekali.
  6. Pemancingan Lembah Desa: Ini tempat mancing di Jogja yang juga sangat menarik, tempat ini bisa dijadikan tempat makan karena berupa restoran besar, tapi juga tempat mancing yang menarik karena disediakan beberapa kolam buat yang suka mancing, datang kesana hanya memancing saja oke-oke aja, saya sudah merasakannya. Ada beberapa kolam dengan berbagai ikan, yang saya suka adalah kolam nila, nilanya besar-besar, kolamnya dibuat alami seperti sebuah danau kecil dengan sisi-sisi ada rerumputan, dikasih naungan pohon ceri, wah pokoknya serasa mancing dialam deh meskipun hanya tempat pemancingan buatan. Bagi yang belum pernah, silakan dicoba letaknya dari jalan Imogiri Timur, nanti ada perempatan pertama terus lagi aja ke selatan, sampai ketemu pertigaan yang jalan ke timurnya agak serong ke selatan. Belok kesitu, dan ikuti terus sampai ketemu sebelah selatannya pemancingan lembah desa, dari pinggir jalan tidak terlalu nampak karena tertutup pepohonan, tapi sekali masuk tempatnya luas.
  7. Mancing di Blok O: Ini sebenarnya tempat perkemahan dan outbound, tapi karena ada kolam yang sangat luas, sepertinya dulu bekas galian tanah, sehingga ikan seperti nila sengaja dibibitkan disini dan tumbuh alami. Disini adanya mancing harian, beberapa tahun lalu per hari 10.000 mancing sepuasnya. Biasanya bawa umpan udang atau lumut sawah, saya pernah liat pemancing dapatin beberapa nila babon dan banyak nila sedang. Untuk menuju kesini dari perempatan ring road janti ke timur, sampai ketemu STTA, jangan ambil kanan, tapi lurus ke jalan biasa dan menurun, nanti ada lapangan bola, terus turun lagi, nanti sebelah kiri itulah posisinya. Masuk aja dan tanya bayar mancing hariannya ke siapa, ada yang jaga kok.
  8. Mancing di Embung Tambak Boyo: Ini bukan tempat pemancingan, tapi ini adalah Embung atau semacam waduk kecil buatan pemerintah, sangat luas dan sering dijadikan tempat wisata olahraga, jalan-jalan pagi atau sore, dan yang paling banyak adalah orang-orang memancing. Biaya retribusi untuk sepeda motor 2.000 rupiah, mobil gak tau karena gak pernah bawa mobil, gak punya juga. Meskipun agak sulit bagi pemula untuk dapetin ikan disini, tapi banyak juga yang dapat ikan yang kecil dan sedang. Lokasinya ada di belakang stadion maguwoharjo sleman, tapi untuk masuknya lebih mudah lewat perempatan ring road utara UPN terus ke utara, lurus aja sampai mentok, nanti ada jalan kecil ke arah kanan, lurus aja sampai ketemu pintu masuk Embung Tambah Boyo dan selamat menyusuri dan berkeliling di kolam besar ini.

Itulah delapan Tempat mancing di Jogja yang patut Anda coba, baik sendiri maupun bersama keluarga ataupun teman-teman sesama pehobi memancing. Ini adalah artikel pertamaku tentang hobi mancing, semoga di lain kesempatan dapat aku ulas berbagai hal tentang memancing. Selamat memancing dan makan ikan.

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template