Selasa, 07 Januari 2014

Tips belajar mengemudi (stir) mobil

Diposting oleh Roby di 13.21
tips belajar mengemudi (stir) mobil 01
tips belajar mengemudi (stir) mobil 01

Tips belajar mengemudi atau stir mobil - Mobil saat ini sudah menjadi barang umum meskipun tidak semua orang mampu membelinya. Meskipun demikian, tidak memiliki mobil bukan berarti tidak bisa mengemudikannya. Manfaat bisa stir mobil banyak sekali, mulai dari keperluan pekerjaan, liburan keluarga, ataupun pada kondisi urgent saat Anda yang harus menggantikan mengemudikan kendaraan. Untuk keperluan pribadi atau keluarga mobil dapat dengan mudah didapatkan dari rental mobil. Nah tentunya yang paling penting adalah Anda harus bisa mengemudikan mobil dulu.

Mengemudi atau menyetir mobil sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mengendarai kendaraan lain, kunci utama adalah pembiasaan. Akan tetapi setiap kendaraan memiliki karakteristik masing-masing sehingga bagi yang sudah ahli menggunakan motor bukan berarti dapat dengan mudah mengendarai mobil. Tidak bisa digampangkan begitu saja. Oleh karena itu saya akan sedikit berbagi tentang berbagai hal dan tips tentang belajar mengemudikan mobil.

Belajar nyetir mobil dapat dilakukan dengan teman, keluarga, atau melalui lembaga kursus (LPK) stir mobil. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan belajar stir mobil dengan teman/keluarga:
  • Tanpa biaya yang besar, paling-paling buat beli bensin atau traktir makan
  • Waktu lebih fleksibel
  • Waktu latihan lebih banyak
  • Anda merasa nyaman dengan teman yang sudah Anda kenal atau dengan keluarga dekat, tidak malu bertanya, tidak malu bila gak bisa-bisa meskipun latihan sudah cukup lama

Kekurangannya:
  • Area latihan Anda akan terbatas, tergantung kondisi, karena Anda tidak akan diperkenankan turun langsung ke jalan jika kemampuan Anda masih nanggung
  • Mobil yang digunakan untuk latihan kemungkinan adalah mobil lama atau biasa, karena mobil standar saja seperti xenia/avanza teman/keluarga Anda akan pikir-pikir terhadap resiko rusak saat latihan.
  • Saat Anda sudah punya kesempatan turun ke jalan raya langsung, resiko lebih besar, karena tidak ada pengaman khusus, teman atau keluarga Anda tidak dapat mengendalikan langsung seperti yang biasa ditambahkan pada mobil khusus dari LPK stir mobil. Jadi Anda bertanggung jawab penuh dalam pengendalian mobil bahkan saat pertama kali Anda turun ke jalan raya.

Adapun kelebihan belajar mengmudi mobil di LPK khusus stir mobil adalah:
  • Mobil yang digunakan relatif baru dan modelnya standar seperti xenia/avanza
  • Saat Anda belajar Anda akan lebih tenang karena mobilnya sudah dilengkapi pengaman dengan dimodifikasi agar rem dan gas juga dapat dikendalikan dari sebelah kiri, instruktur stir Anda cukup memegang stir dengan tangan kanannya maka mobil sudah dapat dia kendalikan saat terjadi kondisi darurat.
  • Selain keamanan, Anda juga dapat turun langsung atau merasakan langsung ke berbagai medan sulit seperti jalan raya, jalan macet, gang-gang sempit, bahkan tanjakan dengan cukup didampingi sang instruktur.
  • Anda akan diajarkan berbagai teknik mengemudi yang biasanya belum tentu diketahui atau diajarkan oleh teman atau keluarga Anda
  • Instruktur berpengalaman pasti akan tau bagaimana strategi mengajar agar Anda cepat bisa mengemudi meskipun hanya dalam beberapa jam saja.
  • Anda dapat memanfaatkan sertifikat mengemudi dari LPK untuk pengurusan SIM A, biasanya LPK selalu melayani jasa pembuatan SIM A.
tips belajar mengemudi (stir) mobil 03
tips belajar mengemudi (stir) mobil 03 - gas dan rem dapat dikendalikan dari tempat duduk sebelah kiri jika pada kondisi tertentu seperti dalam keadaan darurat saat latihan.

Kekurangannya:
  • Biayanya lumayan, meskipun sebenarnya masih sebanding dengan hasilnya. Biasanya 250 ribu - 300 ribu untuk paket standar selama 5 jam. Jika Anda ingin belajar lebih lama, biasanya mencapai 600 ribu atau sesuaikan dengan kebuhan Anda, rata-rata tambahan per jam kisaran 50.000 - 80.000.
  • Waktu belajar terbatas
  • Ada kalanya Anda mungkin tidak cocok dengan instrukturnya yang dapat mengganggu mood saat belajar mengemudi.

tips belajar mengemudi (stir) mobil 02
tips belajar mengemudi (stir) mobil 02 - pengemudi yang baru belajar kadang punya kendala seperti mau nginjak gas malah keinjak rem.

Nah selanjutnya kembali pada diri masing-masing, mana yang paling cocok. Tiap orang akan berbeda mentalnya dalam belajar mengemudi. Tiap orang yang belajar mengemudi mobil juga punya kendala masing-masing, ada yang kesulitan menggunakan kopling, ada yang sering tertukar antara menginjak gas dan rem. Ada lagi yang tidak masalah dengan kedua hal tersebut tetapi kesulitan berbelok-belok di gang atau tikungan tajam. Bahkan ada juga yang gak bisa-bisa meluruskan jalannya mobil di jalan raya yang sebenarnya sudah lurus. Tapi intinya belajar mengedarai adalah latihan, pengalaman, dan keberanian. Khusus tentang kopling Anda dapat membaca lebih lanjut artikel Cara menguasai kopling saat mengemudi mobil transmisi manual

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template