Selasa, 29 April 2014

Tips menghemat baterai smartphone

Diposting oleh Roby di 08.14
Saat ini smartphone bukanlah barang asing, smartphone sudah menjadi kebutuhan sehari-hari mulai dari masyarakat atas hingga masyarakat biasa. Smartphone kini menggeser perangkat selular lama meskipun tidak semuanya, hal ini karena masing-masing digunakan sesuai kebutuhan masyarakat itu sendiri. Satu hal kelemahan smartphone dibandingkan perangkat seluler pendahulunya adalah borosnya penggunaan baterai, hal ini sebenarnya wajar karena semakin banyaknya fitur yang tersedia seperti layar sentuh yang besar, speaker dengan kualitas lebih baik, prosesor yang semakin cepat, memori yang semakin besar, aplikasi yang beragam, dan bahkan permainan game 3D yang sangat boros baterai.

Yang sering menjadi kendala adalah saat kita bepergian jauh, oke lah saat ini sudah banyak sekali powerbank dari yang murah sampai yang canggih sekalipun, tapi powerbank tetap merepotkan, sependek-pendeknya kabel tetap saja powerbanknya harus terus dibawa apalagi saat kita sedang menggunakan smartphone tersebut untuk sekedar chatting maupun menelpon. Tidak semua orang suka dengan powerbank, oleh karena itu untuk mengurangi kerepotan dengan urusan baterai, setidaknya ada beberapa tips yang bisa kita terapkan agar baterai kita lebih tahan lama tanpa mengurangi kenyamanan kita menggunakan smartphone.

Mematikan koneksi yang tidak diperlukan


Terdapat berbagai macam konektivitas yang dapat digunakan pada smartphone, di antaranya bluetooth, wifi, data, dll. Yang sering kali digunakan adalah wifi dan data. Nah perlu Anda cermati tidak semua konektivitas ini Anda gunakan setiap waktu, padahal semua ini sangatlah menguras baterai Anda. Matikan konektivitas yang tidak dibutuhkan, dan biarkan salah satu saja yang Anda gunakan misalkan wifi atau data saja.

Mematikan semua koneksi saat Anda tidur atau saat Anda sama sekali tidak membutuhkannnya


Tiap orang berbeda-beda cara memanfaatkan smartphone, ada yang ingin selalu terkoneksi ke internet setiap saat, bahkan sedang tidur, dan rela bangun tengah malam jika gak sengaja membaca informasi penting seperti email atau whatsapp, tapi ada juga yang lebih suka tidur nyenyak dan kembali terkoneksi saat bangun pagi. Apapun alasan Anda, sesungguhnya saat Anda tidur Anda tidak terkoneksi kemanapun di internet kecuali Anda sedang bermimpi, nah daripada membuang-buang energi handphone Anda, lebih baik matikan saja koneksinya sebelum Anda tidur dan hidupkan kembali setelah Anda bangun. Saya sudah menguji coba tips ini pada Android Samsung Galaxy Ace 3, selama 6 - 7 jam tidur, dengan koneksi data mati dapat menghemat sekitar 10 % energy baterai 1500mAh.

Menghemat baterai dengan cara ini juga memiliki manfaat lain, seperti memperpanjang umur baterai karena memperkecil jumlah melakukan charging dalam kurun waktu tertentu. Anda juga dapat mengatur waktu charging sehingga proses charging dilakukan pada kondisi yang ideal, yaitu saat baterai sudah waktunya di charge dan selesai hingga 100% tanpa gangguan. Bandingkan jika Anda pagi-pagi Anda sudah harus berangkat ke kantor, tapi pagi tersebut baterai sudah limit harus di-charge, tapi kalo di-charge nanti gak selesai karena harus dilepas dan dibawa ke kantor, dengan mematikan koneksi, Anda menghemat 10% baterai, dan smartphone Anda masih dapat digunakan hingga sampai di kantor dan baru di-charge saat di kantor. Hal ini akan sering Anda temui jika Anda ingin bepergian jauh. Anda dapat mengatur kapan waktu charge yang tepat dan baterai Anda akan tetap awet.

Menutup aplikasi yang tidak digunakan

Pada sistem operasi Android, Anda dapat menutup aplikasi yang sedang standby dengan menekan tombol menu dan tahan, maka semua aplikasi non-sistem akan tampil, aplikasi ini memang tidak berjalan full, tetapi standby sampai ada aktivitas kembali, tapi keberadaannya tetap saja memakan memori. Untuk menutup semuanya Anda tinggal pilih tanda silang di kanan bawah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template