Kamis, 18 Juli 2013

Bulutangkis ganda - Pergantian posisi pemain saat bertahan dan menyerang

Diposting oleh Roby di 08.16
Saat permainan bulutangkis sedang berlangsung dapat dipastikan terjadi saling serang dan bertahan antara kedua belah pihak yang sedang bertanding. Tak mungkin menyerang terus-menerus dan tak mungkin juga bertahan terus-menerus. Oleh karena itulah diperlukan strategi yang baik. Pada bulutangkis ganda hal yang sangat penting pada kondisi ini adalah perubahan posisi pemain dari formasi bertahan ke formasi menyerang maupun sebaliknya dari formasi menyerang ke formasi bertahan.

Seperti dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang strategi menyerang pada bulutangkis ganda dan artikel strategi bertahan pada bulutangkis ganda. Formasi kiri kanan saat bertahan dan formasi depan belakang saat menyerang. Lalu bagaimana jika berganti dari menyerang dan harus segera bertahan. Atau dari bertahan dan harus segera menyerang?

Menyerang kemudian bertahan

Saat menyerang posisi yang umum digunakan adalah depan belakang. Jika dalam kondisi tertentu cock terpaksa dipukul ke arah belakang lawan maka saat itu juga harus segera mengubah formasi menjadi kiri dan kanan. Jika pemain depan yang memukul lob, maka dengan segera pemain depan mundur ke belakang di bagian tengah lapangan (sebalah kiri atau sebelah kanan), dan pemain belakang menyesuaikan. Jika pemain depan awalnya berada di sebelah kanan depan maka pemain depan tersebut akan mundur ke tengah kanan lapangan, sehingga pemain belakang berpindah ke tengah kiri lapangan. Begitu juga jika pemain depan awalnya berada di kiri depan lapangan, setelah memukul lob lalu mundur ke tengah kiri lapangan, maka pemain belakang berpindah ke tengah kanan lapangan.

posisi menyerang kemudian bertahan
posisi menyerang kemudian bertahan

posisi bertahan setelah menyerang
posisi bertahan setelah menyerang

Jika cock dipukul dengan lob dari arah belakang lapangan oleh pemain belakang. Maka pemain depan harus memerhatikan dari mana arah cock, jika cock dipukul dari arah kiri maka itu berarti pemain belakang berada di sebelah kiri belakang, sehingga pemain depan berpindah ke tengah kanan lapangan. Jika cock dipukul oleh pemain belakang dari arah kanan belakang lapangan, maka pemain depan berpindah ke tengah kiri lapangan. Hal ini dilakukan karena jarak perpindahan pemain lebih pendek sehingga lebih cepat mencapai posisi ideal untuk bertahan.

Bertahan kemudian menyerang

Saat bertahan posisi yang sangat ideal adalah kiri dan kanan. Serangan balik dapat dilakukan jika cock dikembalikan ke arah lawan dekat net sekali atau beberapa kali sampai akhirnya lawan menemui kondisi dimana mereka terpaksa harus memukul dengan lob. Jika lawan memukul dengan lob, segera pemain belakang melakukan serangan. Pemain depan selalu berasumsi partnernya melakan serangan, sehingga pemain depan selalu bersiap di depan. Baca kembali tentang strategi menyerang bulutangkis ganda.


posisi bertahan kemudian menyerang
posisi bertahan kemudian menyerang
posisi menyerang setelah bertahan
posisi menyerang setelah bertahan
Perlu diingat setiap pengembalian cock pendek ke arah net, kedua pemain selalu siap terhadap balasan lawan yang dekat net juga. Pada permainan ganda yang umumnya sering beradu dengan pukulan drive, formasi yang dipilih tidak harus terus-menerus depan belakang meskipun banyak pukulan netting. Tapi bukan berarti yg dipilih adalah berjejer kiri kanan. Yang perlu dilakukan adalah memadukan posisi antara menyerang dan bertahan tergantung kemana saja cock meluncur. Sebagai contoh, pemain depan berada sedikit di depan tetapi sedikit ke kanan dan pemain belakang berada sedikit di belakang dan sedikit ke kiri. Formasi ini memungkinkan pergerakan cepat saat melakukan serangan dan juga saat akan bertahan.

memadukan formasi bertahan menyerang
memadukan formasi bertahan menyerang

Perpindahan posisi sepertinya terlihat sederhana, tapi tanpa latihan hasil yang didapatkan tidak akan memuaskan. Latihan terus-menerus memungkinkan gerakan cepat mengikuti irama permainan tanpa perlu berpikir lagi formasi apa yang akan dipilih. Bila gerakan cepat dan tepat, pemain dapat fokus melihat kelemahan lawan, dengan begitu penempatan cock akan baik dan akurat, serangan dapat dilakukan dengan sempurna, dan lawan akan dengan mudah dikalahkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template