Rabu, 17 Juli 2013

Tips bulutangkis ganda - posisi pemain ketika bertahan

Diposting oleh Roby di 07.56
Saat permainan bulutangkis sedang berlangsung, tidak hanya kemampuan menyerang yang dibutuhkan, tetapi juga kepiawaian dalam bertahan dari serangan lawan. Seperti yang pernah dijelaskan pada "strategi menyerang pada bulutangkis ganda" artikel ini akan menunjukkan pada Anda bagaimana strategi bertahan yang baik pada permainan ganda.

Kapan harus bertahan dalam permainan bulutangkis?... Bertahan berarti kebalikan dari menyerang, itu berarti jika lawan sedang menyerang maka itulah saatnya harus bertahan dari serangan tersebut. Ketika cock dilambung karena disebabkan pukulan lob baik flick maupun clear kemungkinan terbesar lawan akan melakukan smash, oleh karena itu posisi pemain harus dalam keadaan siap dengan formasi bertahan yang benar.

Posisi pemain ketika bertahan yang ideal adalah berjejer kiri dan kanan di tengah lapangan. Posisi ini memungkinkan kedua pemain dapat mengembalikan pukulan smash lawan. Seperti Anda ketahui, pukulan smash membuat cock melaju sangat cepat ke arah tengah lapangan baik kiri, tengah, maupun kanan. Dengan membagi area bertahan kiri dan kanan, maka pukulan smash akan lebih mudah dikembalikan karena area datangnya cock lebih mudah untuk dijangkau. Smash lawan dapat dikembalikan dengan memukulnya dengan lob ke belakang lapangan lawan, atau dengan drive untuk mencegah lawan melakukan serangan lagi. Sebaiknya arahkan cock ke posisi yang jauh dari jangkauan lawan, sehingga lawan membutuhkan tambahan waktu untuk memukulnya kembali. Dengan kondisi ini Anda dan partner Anda dapat kembali bersiap dari kemungkinan serangan berikutnya. Perhatikan gambar di bawah ini.

strategi bulutangkis ganda - formasi bertahan
strategi bulutangkis ganda - formasi bertahan. kedua pemain berada di posisi kiri dan kanan lapangan
Pasangan Indonesia (baju hitam) sedang menyerang dengan formasi depan belakang. Pasangan Korea (baju orange) sedang bertahan dengan formasi kiri kanan sejajar. Dengan posisi ini kedua pemain akan lebih mudah menghadang datangnya smash. Perhatikan pula gambar kedua di bawah ini. Perhatikan arah cock yang melaju menuju tengah lapangan, pemain sebelah kanan siap mengembalikan cock, begitu juga pemain sebelah kiri.

strategi bulutangkis ganda - bertahan dari smash
strategi bulutangkis ganda - bertahan dari smash. cock datang ke arah tengah lapangan, kedua pemain dapat menjangkau area tersebut.

Meskipun formasi seperti ini adalah yang sangat ideal, pemain tetap harus berhati-hati karena gerak tipuan lawan yang seakan hendak melakukan smash, namun ternyata memukul dengan chop atau dropshot. Bila kedua pemain berada terlalu ke belakang maka akan kesulitan untuk mengembalikan cock yang jatuh dekat net tersebut. Pengamatan yang jeli dan juga kecepatan akan sangat membantu dalam kondisi seperti ini.

Kerjasama kedua pemain juga sangat penting. Serangan pada arah tengah lapangan dapat membuat bingung kedua pemain siapa yang akan memukul. Oleh karena itu latihan rutin dan partner yang cocok akan sangat menentukan. Secara umum pemain kiri lebih bertanggung jawab untuk area tengah jika pemain kiri tersebut menggunakan tangan kanan. Hal ini karena area tersebut adalah area jangkauan forehand-nya. Meskipun begitu, hal ini tidaklah mutlak, tergantung pada skill pemain. Bila pemain sebalah kanan backhand-nya lebih bagus dan lebih cepat, tidak masalah pemain kanan lebih bertanggung jawab untuk memukul cock.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template