Senin, 15 Juli 2013

Tip bulutangkis ganda - posisi pemain saat menyerang

Diposting oleh Roby di 12.08
Tips bulutangkis ganda - Bagaimanakah posisi pemain yang benar saat menyerang pada permainan bulutangkis ganda? Bulutangkis ganda sangat bergantung pada kerja tim yang optimal, salah satunya adalah bagaimana mengatur posisi dengan patner saat permainan berlangsung. Menyerang dan bertahan keduanya membutuhkan strategi yang berbeda. artikel ini akan menjelaskan pada Anda bagaimana formasi pemain yang tepat saat melakukan serangan.

Posisi menyerang adalah posisi siap untuk melakukan serangan maupun sedang menyerang. Yang harus dilakukan adalah salah satu pemain berada di depan, pemain satunya lagi berada di belakang. posisi ini sangat ideal saat melakukan service pendek, saat memberi umpan pada lawan, dan saat melakukan serangan seperti smash. Pemain belakang merupakan penyerang utama, posisi ini sangat baik untuk melakukan drop shot maupun smash. Pemain depan berjaga di bagian depan lapangan jika lawan berhasil mengembalikan cock dan dekat dengan net.

Pemain yang berada di depan bukan berarti tidak punya kesempatan untuk menyerang. Pada serangan dengan pukulan smash, ada beberapa kemungkinan lawan mengembalikan cock. Pertama lawan mengembalikan smash dengan pukulan lemah dan cock akan jatuh dekat net, pada kondisi ini pemain depan dapat kembali memberikan umpan pada lawan dengan netting atau drive. Kemungkinan kedua lawan mengembalikan smash dengan lob. Nah pengembalian cock dengan lob ini sangat bergantung pada kecepatan dan kekuatan smash dan juga kekuatan lawan mengembalikannya. Pada kondisi yang seimbang cock akan kembali melambung ke belakang, dan ini adalah tugas pemain belakang untuk kembali melakukan serangan. Pada kondisi tertentu, lawan bisa jadi mengembalikan cock tidak terlalu tinggi atau tanggung, nah inilah kesempatan pemain depan untuk segera memotong laju cock dengan smash mendadak. Untuk dapat melakukan ini dengan sempurna, saat pemain belakang melakukan smash, pemain depan bersiap dengan berdiri tidak terlalu ke depan, tetapi mundur sedikit ke belakang, tujuannya adalah untuk melakukan smash mendadak pada cock yang dilambung tidak terlalu tinggi. serangan seperti ini membuat lawan tidak memiliki cukup waktu untuk mengembalikan cock. Perhatikan gambar berikut:

strategi bulutangkis ganda - posisi menyerang
strategi bulutangkis ganda - posisi menyerang dengan smash. saat pemain belakang melakukan smash, pemain depan sedikit mundur dan bersiap menghadang jika ada bola tanggung.
Pemain depan mundur saat cock melambung ke belakang lapangan, dan berasumsi bahwa patner akan melakukan smash. Jika patner tidak melakukan smash melainkan drive atau drop shot, maka pemain depan kembali maju ke posisi awal untuk berjaga dari pengembalian lawan yang dekat dengan net. Perhatikan gambar berikut ini, gambar diambil sesaat sebelum smash.

strategi bulutangkis ganda - sesaat sebelum smash
strategi bulutangkis ganda - sesaat sebelum smash, pemain depan masih berada agak ke depan. bandingkan dengan gambar pertama dimana pemain depan mundur sedikit ke belakang.

Apakah ini berlaku pada segala kondisi, baik smash dari posisi kiri, tengah, maupun kanan?...

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda perlu memahami juga bagaimana bertahan dari serangan. Saat bertahan dari smash, jika mengembalikan cock dengan lob, maka yang paling ideal adalah ke arah yang paling jauh dari posisi lawan, jika lawan berada di tengah lapangan, arahkan ke arah backhand lawan, jika lawan berada di posisi kanan (posisi kiri bagi lawan) arahkan ke ujung kiri (posisi kanan bagi lawan), hal ini akan membuat lawan membutuhkan waktu untuk berada di posisi yang ideal untuk melakukan pukulan.

Tetapi saat serangan mematikan datang, dengan smash keras dan tajam, atau saat serangan datang dengan bertubi-tubi, maka lawan biasanya mengembalikan semampu mereka. Hal ini menyebabkan lawan akan lebih sering mengembalikan dengan lob ke arah yang tidak jauh dari arah datangnya smash. Dengan demikian maka pemain depan juga harus berada mengikuti dari mana arah smash, tujuannya adalah untuk selalu bersiap melakukan smash jika terjadi lob yang tidak terlalu tinggi. Perhatikan kembali gambar pertama di atas, pemain depan berada tidak jauh dari posisi pemain belakang yang sedang smash, yaitu di sebelah kanan lapangan.

Meskipun demikian, berhati-hatilah dengan lawan yang memiliki pertahanan yang kuat. Terdapat posisi kosong di sebelah kanan jika smash dari arah kiri, dan terdapat posisi kosong di sebelah kiri jika smash dari arah kanan. Selain bersiap menghalau dengan smash, pemain depan dan belakang juga tetap waspada dan bersiap jika lawan mengembalikan ke area yang kosong yang cukup jauh dari jangkauan.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template