Rabu, 02 Oktober 2013

Alternatif mengatasi jamur pada mebel atau perabot rumah dari bahan partikel

Diposting oleh Roby di 08.26
Sebelumnya saya pernah menulis tentang Cara menghilangkan jamur di lemari berbahan partikel. Pada intinya mengatasi jamur adalah dengan mencegah jamur untuk tumbuh, seperti kita ketahui bahan lapisan luar partikel adalah bahan yang sangat disukai oleh jamur meskipun tidak semua tergantung harganya juga. Agar jamur tidak dapat tumbuh maka perlu dilapisi dengan bahan lain.

Pada artikel tersebut menggunakan bahan melamin cair, yaitu bahan pelapis furniture atau kusen dan jendela. Alternatif lainnya adalah menggunakan cat minyak dengan warna yang disesuaikan dengan interior. Sebagai contoh saya melapisi tempat tidur dari bahan partikel yang semula berwarna hitam tapi tidak terlalu gelap dengan cat minyak warna coklat kemerahan. Anda dapat melihat hasil akhirnya pada gambar berikut:

menghilangkan jamur dari bahan partikel
menghilangkan jamur dari bahan partikel

Hasilnya perabot tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, tetapi dengan kondisi sudah tahan terhadap jamur. Ayo, jamur mana yang sanggup hidup di atas cat minyak?... Untuk menyelesaikan 1 buah tempat tidur saya hanya menggunakan 1 buah kaleng ukuran kecil dan tambahan thinner atau pengencer cat agar mudah dikuas.

cat minyak untuk mengatasi jamur di partikel
cat minyak untuk mengatasi jamur di partikel
Karena cat minyak sangat banyak ditemukan di pasaran. Anda dapat memilih warna dan kualitas dari cat minyak tersebut untuk diaplikasikan pada perabot Anda yang berbahan partikel. Anda juga dapat memilih kualitasnya, termasuk juga apakah cat tersebut berbau atau tidak pada waktu dicat sehingga membutuhkan waktu sekitar 2 - 3 hari agar baunya hilang. Pilihlah warna yang tidak terlalu berbeda dengan warna asli perabot Anda agar tidak mengubah keindahannya. Meskipun jika Anda menginginkan warna putih atau biru untuk lemari juga tidak jadi masalah, tetap indah dan menarik.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template