Jumat, 16 Agustus 2013

Tahapan membangun rumah sendiri disertai gambar bag 2 (membuat pondasi)

Diposting oleh Roby di 08.20
Pada posting sebelumnya saya sudah menulis tentang tahapan membangun rumah sendiri bagian 1. Sekarang akan dilanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu menyiapkan pondasi. Sebaiknya Anda sudah membaca tentang persiapan sebelum membangun rumah agar Anda lebih paham saat mempelajari tahapan-tahapan membangun rumah.

2. Membuat pondasi

Untuk membuat pondasi pertama kali yang harus dilakukan adalah memetakan gambar denah ke area fisik lahan yang akan dibangun rumah. Biasanya menggunakan tali berwarna putih. Tujuannya adalah agar ukuran rumah tepat saat dilakukan pembangunan.

Selanjutnya adalah membuat galian yang akan menjadi tempat dibuatnya pondasi. Silakan baca kembali tentang macam-macam pondasi pada artikel tentang cara membangun rumah. Setelah lobang pondasi dibuat, maka pondasi dapat dibuat di atasnya. Membuat pondasi punya tantangan tersendiri, karena menggunakan batu, salah satunya adalah membutuhkan tenaga untuk memindahkan batu yang agak besar sebagai bahan pondasi bagian bawah. Selain itu, untuk mengisi sela-sela di antara batu-batu besar diperlukan ukuran batu yang lebih kecil, terkadang untuk kebutuhan ini tukang akan memecah atau membelah batu jika tidak menemukan ukuran yang sesuai.

Batu-batu pondasi disatukan dengan menggunakan campuran semen pasir dengan perbandingan 1:4 (satu takaran semen dan empat takaran pasir) tujuanya adalah agar memiliki kekuatan yang memadai. Tidak diperlukan koral/kerikil pada campuran ini. Perhatikanlah contoh gambar pondasi yang sudah jadi berikut ini:

tahapan membangun rumah - membuat pondasi
tahapan membangun rumah - membuat pondasi

tahapan membangun rumah - membuat pondasi 2
tahapan membangun rumah - membuat pondasi 2

Pondasi rumah pada gambar di atas menggunakan batu putih atau batu gunung. Pilihan batu ini lebih hemat biaya, lebih mudah dalam pengerjaan karena lebih ringan dari batu kali dan lebih mudah membelahnya.

Bagian atas pondasi dibuat rata, agar mudah pada tahapan membangun rumah selanjutnya yaitu membuat sloof. Seletelah pondasi selesai, ratakan kembali tanah yang masih berongga di sekitar kiri dan kanan pondasi. Biarkan semen dan pasir sampai pondasi benar-benar merekat dengan kuat.

3 komentar:

nina marlina mengatakan...

maksih banyak gan udah share

Supri Yadi mengatakan...

pekerjaan pondasi cepat dan efisien menghemat tenaga serta biaya adalah dengan cara pondasi strauss pile, karna jika metode ini digunakan biasanya tidak lagi menggunakan pondasi batu kali.

Agus Sugiarto mengatakan...

Paling irit kuat & cepat pakai pondasi plat beton menerus seperti sloof pengganti pondasi batu susun
Misalnya tapak melebar 0,1 x 0,7 lalu sloof 0,15 x 0,7

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template