Kamis, 24 Oktober 2013

Kamus bahasa jawa lengkap (ngoko, krama, dan krama inggil)

Diposting oleh Roby di 16.00
Bagi orang jawa, bahasa jawa adalah hal biasa, kamus bahasa jawa tidak begitu penting bagi mereka kecuali bagi pelajar yang memang membutuhkan kamus untuk pelajaran bahasa daerah di sekolah. Akan tetapi bagi masyarakat luar jawa yang tinggal di pulau jawa tentu referensi bahasa ini menjadi hal yang sangat penting, misal bagi mahasiswa luar jawa atau bagi mereka yang menetap di jawa tetapi bukan orang asli jawa.

Begitu pesatnya perkembangan internet saat ini membuat berbagai hal tersedia di internet, salah satunya adalah kamus online bahasa jawa. Terdapat beberapa kamus bahasa jawa online yang pernah saya coba, tetapi hanya beberapa yang isinya sangat lengkap dan banyak membantu dalam menerjemahkan kata bahasa jawa, baik ke bahasa indonesia, inggris, maupun ke bahasa jawa lagi dengan tingkatan yang berbeda seperti ngoko, krama, dan krama inggil.

Kamus bahasa jawa online terlengkap pertama menurut saya adalah http://kamusjawa.info/ silahkan Anda akses alamat tersebut. Berikut adalah tampilan awalnya:

kamus bahasa jawa lengkap
kamus bahasa jawa lengkap

Jika Anda ingin mencari arti kata bahasa jawa, sebagai contoh kata "pendet", maka terlebih dahulu Anda pilih di bagian Choose dengan pilihan Krama - Ngoko, lalu ketikkan di isian sebelah kanannya dengan kata yang ingin dicari artinya, misal "pendet", lalu klik tombol Translate. Maka akan tampil seperti berikut:

Kamus bahasa jawa lengkap online
Kamus bahasa jawa lengkap online
Anda dapat melihat semua arti akan ditampilkan dalam seluruh bahasa yang didukung, yaitu inggris, jawa ngoko, jawa krama, dan bahasa indonesia. Di bawahnya Anda juga dapat menemukan beberapa gabungan kata yang umum digunakan dalam bahasa jawa yang berkaitan dengan kata yang Anda cari.

Ini dulu kamus bahasa jawa online yang lengkap yang dapat saya share kali ini, semoga lain kali saya share lagi kamus online bahasa jawa yang lainnya. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

ngga bisa di akses lagi ya bang? T.T

Unknown mengatakan...

KWKWKWKWKWKWK NGADAT

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template