Kamis, 14 November 2013

Tips Bulutangkis - Cara memprediksi pukulan lawan

Diposting oleh Roby di 08.04
Jika Anda sering bermain bulutangkis, pemula ataupun sudah mahir, Anda tentu sudah pernah merasakan bertanding dengan lawan yang seakan sudah tau gerakan Anda, atau pukulan Anda selanjutnya, sehingga lawan Anda sudah di posisi menyerang untuk menghadang cock. Ketika pukulan Anda ke arah net, saat Anda memukul saja lawan sudah siap melakukan net kill. Saat pukulan Anda dengan lob mereka sudah siap melakukan smash. Apa rahasia untuk dapat melakukannya?... kuncinya adalah Anda harus tau cara memprediksi pukulan lawan.

Mungkinkan pukulan lawan bisa diprediksi dengan tepat?... jawabnya bisa, meskipun masih ada peluang tidak sesuai prediksi, tetapi terdapat banyak hal yang dapat Anda pelajari untuk membuat prediksi agar benar-benar tepat. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memprediksi pukulan lawan:

Posisi lawan saat atau setelah Anda memukul cock

Agar dapat mematikan lawan, Anda harus memukul cock ke arah yang tepat dimana lawan sulit untuk mengembalikannya, silahkan baca kembali tentang tips bulutangkis ganda yang pernah saya tulis. Oleh karena itu sesaat sebelum Anda memukul cock Anda harus menyempatkan diri untuk melihat situasi di lapangan. Dalam waktu yang cukup singkat Anda memutuskan memukul cock ke posisi tertentu dan saat itu juga Anda dapat mengukur kemampuan lawan.

Tips Bulutangkis - Cara memprediksi pukulan lawan
Tips Bulutangkis - Cara memprediksi pukulan lawan

Sebagai contoh, lawan sedang melakukan serangan dengan formasi depan belakang, dan lawan saat itu melakukan pukulan smash dari arah kanan lawan, saat Anda hendak memukul cock, Anda melihat lawan berusaha untuk kembali ke posisi tengah belakang, kemudian Anda putuskan untuk mengarahkan cock dengan pukulan lob ke kiri lawan. Nah saat inilah waktu yang Anda butuhkan untuk memprediksi pukulan lawan. Jika lawan terlambat menuju ke arah kiri, maka ada beberapa kemungkinan yang dapat lawan lakukan. Karena terlambat, maka yang bisa lawan lakukan adalah memukul dengan backhand, jika posisi cock masih di atas kepala, lawan masih mungkin untuk memukul dengan pukulan backhand clear, atau memukul drive. Jika posisi cock sudah hampir jatuh, cukup sulit bagi lawan untuk melakukan clear/lob, jadi pilihannya hanya drive ke tengah atau dekat net. Nah dengan memahami kondisi ini Anda akan lebih mudah menentukan pukulan selanjutnya, jika bisa dipastikan lawan tidak ada pilihan kecuali drive, maka bersiaplah menyerang balik dengan pukulan net kill ataupun drive ke arah kanan lawan.

Pada beberapa kondisi dimana Anda sudah mengenal kemampuan lawan, Anda akan lebih yakin apa yang akan dilakukan lawan pada kondisi seperti di atas, biasanya untuk mematikannya Anda langsung saja bersiap dekat net dan langsung menyambar cock dengan net kill, bahkan Anda dapat bersiap dengan raket Anda ketika lawan belum melakukan pukulan.

Pukulan yang dapat dilakukan lawan

Bagian ini masih berhubungan dengan posisi lawan, jika pada pembahasan di atas posisi lawan yang dapat terjadi adalah terlambat mencapai ke posisi ideal, nah pada poin ini lebih pada posisi lawan yang memang tidak menguntungkan, bukan karena telat atau kesalahan lawan itu sendiri.

Sebagai contoh, lawan Anda mencoba mematikan Anda dengan memberikan pukulan drop shot di kiri lapangan, lalu Anda balas dengan netting yang sangat tipis. Cock yang bergulir sangat tipis sangat merugikan lawan, meskipun lawan sudah berada di posisi yang seharusnya, tetapi karena sangat mepet dengan net, bahkan untuk melakukan lob saja sangat beresiko nyangkut di net, maka satu-satunya pukulan yang dapat di lakukan adalah cross netting atau pukulan menyilang ke sisi net yang satunya, jadi untuk kasus ini lawan hanya punya satu pilihan yaitu memukul menyilang ke net ujung kanan Anda. Karena Anda sudah bisa menebak apa yang dilakukan lawan, Anda tentu sudah siap-siap di posisi yang tepat, begitu cock melewati net langsung saja disambar dengan net kill atau bisa juga dengan push.

Perpindahan posisi lawan sesaat sebelum Anda memukul cock

Bagi lawan yang kurang berpengalaman, atau bagi lawan yang salah dalam memprediksi pukulan, atau bagi lawan yang terjebak dengan tipuan gerakan Anda, biasanya lawan bergerak lebih dulu sebelum Anda memukul cock. Inilah kesempatan untuk mengalihkan arah pukulan atau mengganti jenis pukulan Anda.

Sebagai contoh, saat cock datang ke arah Anda dari pukulan clear lawan, Anda bersiap untuk melakukan smash, sampai pada tahapan dimana gerakan Anda tinggal melakukan pukulan, Anda masih sempat melihat lawan Anda bersiap untuk menerima smash, dapat dilihat dari kuda-kuda kaki mereka, nah saat itulah Anda mengubah pukulan menjadi drop shot. Tipuan ini seringkali cukup mematikan lawan, umumnya setelah beberapa kali diserang dengan smash, dengan mendadak berubah menjadi dropshop lawan sebenarnya sedikit terganggu konsentrasinya yang semula di smash terus menerus tapi berubah menjadi dropshot. Jika belum juga mati, setidaknya lawan akan mengembalikan cock dengan tidak ideal lagi, dan inilah kesempatan berikutnya untuk menyerang dengan lebih mematikan.

Gerakan badan, tangan, dan raket lawan

Tips keempat ini membutuhkan pengalaman bermain bulutangkis lebih lama, karena diperlukan konsentrasi yang lebih tinggi untuk dapat melakukannya. Selain memperhatikan kemana arah cock berpindah-pindah, Anda juga perlu melihat lebih jeli bagaimana gerakan lawan, bagaimana lawan bergerak mendekati cock, karena gerakan mereka sangat berhubungan dengan pukulan yang akan mereka lakukan.

Begitu juga tangan mereka lebih menunjukkan apa pukulan yang akan lawan lakukan, dan yang terakhir adalah gerakan raket. Gerakan badan, tangan, dan raket bisa menipu, tetapi saat-saat terakhir sebelum raket menyentuh cock itulah gerakan raket yang sesungguhnya, nah bila Anda sangat jeli, Anda tidak akan terjebak pada tipuan lawan. Tapi seperti yang saya katakan tadi, diperlukan jam terbang yang lebih banyak untuk dapat melakukannya. Bagaimana tidak, hanya beberapa saat saja Anda memperhatikan gerakan raket, Anda juga perlu memperhatikan cock yang menuju area lapangan Anda

Itulah tadi Tips Bulutangkis - Cara memprediksi pukulan lawan. Silahkan baca juga tips lainnya di blog ini pada kategori Badminton.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template