Jumat, 19 April 2013

Tips bermain bulu tangkis ganda

Diposting oleh Roby di 13.31
Tips bulu tangkis - Kali ini saya ingin menjelaskan tentang taktik, strategi, dan tips bermain bulu tangkis khususnya pada permainan ganda putra. Memenangkan permainan badminton tidak cukup hanya dengan smash yang kuat dan tajam, juga tidak cukup hanya dengan teknik memukul yang benar, juga tidak cukup hanya dengan footwork yang baik, tapi Anda juga butuh taktik atau strategi, pemain pemula atau yang sekedar hobi hanya sedikit yang mengetahui tentang tips bermain bulu tangkis ini.

Apa sih bedanya teknik dan taktik? Teknik adalah cara melakukan, seperti cara memukul, cara berdiri, cara melangkah, dll. Sedangkan taktik adalah strategi melakukan serangan atau bertahan dari lawan. Jadi jika 2 kubu sama-sama mengusai teknik, sama-sama kuat, maka yang menentukan tinggal taktiknya, bila taktiknya sama-sama hebat juga, maka tinggal keberuntungan.

Bagaimanakah taktik permainan badminton yang bagus? untuk memahami ini pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan terlebih dahulu taktik bermain badminton ganda (double). Perlu Anda ketahui tips bulu tangkis yang saya maksud tidak terpaku pada taktik saja, taktik hanya salah satu dari sekian banhyak tips yang dapat Anda terapkan dalam permainan bulu tangkis agar dapat dengan mudah mengalahkan lawan.

Posisi menyerang dalam permainan badminton

Permainan ganda membutuhkan kerja tim, memang permainan ganda terlihat lebih mudah daripada tunggal, tapi kenyataannya sama saja, masing-masing punya tantangan tersendiri saat permainan berlangsung. Karena permainan ganda membutuhkan kerja tim maka kesamaan persepsi itu penting, saya akan berikan contoh realnya nanti, sekarang mari kita pahami posisi menyerang yang benar pada permainan bulu tangkis.


Jika Anda dan pasangan Anda sedang dalam posisi menyerang, maka Anda dan pasangan Anda harus berdiri muka belakang, perhatikan gambar diatas, artinya jika Anda di depan teman Anda di belakang, jika Anda di belakang maka teman Anda harus di depan. Kenapa demikian? Menyerang berarti lebih agresif, salah satu pukulan menyerang yang mematikan adalah smash. Saya contohkan, jika cock yang datang dari arah lawan melambung tinggi ke belakang (clear, lob, atau flick) dan posisi Anda lebih mudah menjangkau daripada teman Anda, maka Anda mundur ke belakang dan siap melakukan smash, di saat yang bersamaan teman Anda maju untuk berjaga-jaga di posisi depan. Nah setelah Anda melakukan smash, ada beberapa kemungkinan lawan, lawan mengembalikan dengan flick, kondisi ini memberi kesempatan Anda untuk melakukan smash lagi, kemungkinan kedua lawan mengembalikan dengan netting, perlu diingat netting saat mengembalikan smash tidak terlalu dekat dengan net karena cock yang datang cukup tajam dan keras, jadi pengembalian netting dengan smash mirip seperti low service meskipun lebih pendek dari low service, karena low service mengharuskan melewati garis depan. Nah, jika lawan mengembalikan dengan netting, maka teman Anda sudah siap menyambar cock. Kemungkinan ketiga adalah lawan mengembalikan dengan drive, jika demikian maka Anda dan teman Anda harus sama-sama siap, ada kemungkinan drive ke arah belakang yang itu berarti Anda yang harus membalasnya, ada kemungkinan juga drive ke arah tengah atau depan yang berarti teman Anda yang harus membalasnya. Baca dan pelajari lebih dalam tentang strategi menyerang pada bulutangkis ganda. Lalu bagaimana jika lawan dapat terus mengembalikan, pelajari tips berikut ini.

Jangan beri kesempatan lawan untuk menyerang

Dengan kondisi yang ideal dan fakta di lapangan, siapa yang lebih dulu menyerang memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan pertandingan. Tips bulu tangkis selanjutnya adalah jangan beri kesempatan musuh untuk melakukan penyerangan. Kesempatan ini dapat dikondisikan, yaitu dengan menghindari sebisa mungkin pukulan lob, flick, dan clear melambung (karena clear dapat juga terjadi pada drive, tidak melambung, yang penting posisi jatuhnya di paling belakang). Karena pukulan yang membuat cock melambung memberikan kesempatan lawan untuk melakukan smash yang berarti Anda sendang diserang. Jadi utamakan jenis pukulan badminton yang lain seperti smash, dropshot, netting, push, dan drive. Jika Anda sering menonton pertandingan badminton ganda, pukulan drive sangatlah mendominasi. Pukulan melambung hanya digunakan jika terpaksa dan tidak ada pilihan lain, yakti cock jatuh di lapangan kita atau hanya bisa dipukul dengan flick atau lob.

Serangan tidak hanya datang dari smash, jika Anda tidak hati-hati Anda bisa saja lengah dan lawan melakukan serangan hanya dengan menempatkan cock di lapangan yang lengah dari pengawasan Anda. Lihatlah gambar di bawah ini:


Penempatan cock yang sulit dikembalikan lawan

Tips bulu tangkis yang ini masih jarang ditemui bagi para pemula, mungkin karana pemula lebih fokus melatih teknik dan kekuatan lengan daripada taktik. Tapi sebenarnya Anda dapat berlatih teknik dan kekuatan sambil membiasakan reflek diri untuk mengarahkan cock di posisi yang ideal. Seberapa penting tips ini, ya ini penting sekali, bila Anda mengarahkan cock di posisi yang nyaman bagi lawan, itu berarti lawan akan dengan mudah membalasnya dan mengalahkan Anda, tapi bila cock diarahkan ke posisi yang agak jauh atau agak sulit bagi lawan untuk mengambilnya, setidaknya ada beberapa kemungkinan yang terjadi, lawan dapat mengembalikan dengan sempurna, tapi ini peluangnya kecil, setidaknya kalopun tetap terus berhasil lawan akan terkuras tenaganya. Ada kemungkinan juga lawan gagal mengembalikan, ini jelas Anda mendapatkan poin. Perhatikan gambar berikut, bagaimana lawan di posisi yang sulit menjangkau cock.


Kemungkinan ketiga adalah lawan mengembalikan tidak sempurna, misal bola melambung tapi di tengah-tengah lapangan kita, kita bisa langsung balas dengan smash keras, atau bola melambung saat lawan berusaha netting, kita bisa langsung balas dengan net kill, atau lawan terjatuh, terpeleset, atau terlambat kembali ke posisi idealnya, sehingga kita dengan mudah mengarahkan cock berikutnya ke posisi yang membuat lawan lebih sulit mengembalikannya.

Posisi bertahan saat bermain badminton

Sehebat apapun Anda, tidak sepanjang waktu pertandingan Anda bisa menguasai dan selalu dapat menyerang, ada kalanya Anda terpaksa harus bertahan. Nah tips badminton selanjutnya adalah bagaimana posisi yang benar saat bertahan dari serangan lawan. Tips permainan bulu tangkis ini sama seperti pada poin pertama di atas, yaitu masih jarang ditemui di masyarakat kecuali yang memang rutin bermain pada akhirnya akan mengerti juga. Nah bagi yang belum tau, atau bagi yang masih pemula atau baru belajar, pahami betul-betul, biar Anda tidak salah faham dengan patner Anda saat ada di pertandingan.


Kapan waktu yang dikatakan sedang bertahan dari serangan? ketika Anda atau teman Anda melambungkan bola ke arah lawan, baik itu lob ataupun flick. Nah, yang harus Anda dan teman Anda lakukan adalah mengatur posisi agar berjejer, kiri dan kanan, perhatikan gambar, Kido dan Hendra sedang dalam posisi bertahan. Siapa di kanan dan siapa di kiri? Bila Anda sebelumnya berada di posisi depan, maka Anda segera mundur mana yang lebih dekat, kiri lapangan atau kanan lapangan, selanjutnya teman Anda yang sebelumnya ada di belakang akan meyesuaikan setelah Anda mengambil posisi. Ingat jangan terlambat, harus berada di posisi kiri kanan di tengah lapangan sebelum lawan memukul cock, kenapa begitu? karena pukulan yang akan sangat mematikan adalah ketika lawan melakukan smash, tapi bila Anda dan teman Anda sudah siap di kiri dan kanan lapangan, pukulan smash dapat dengan mudah dikembalikan.

Switch antara serangan dan bertahan atau sebaliknya

Tips bulu tangkis ini akan melengkapi tips-tips sebelumnya. Seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa jika sebelumnya Anda di posisi menyerang, lalu berubah menjadi bertahan, maka pemain depan yang mundur terlebih dahulu, baru pemain belakang menyesuaikan. Nah, bagaimana jika sebaliknya, setelah posisi bertahan lalu ingin balik menyerang. Perhatikan baik-baik ilustrasi berikut, Anda sedang di posisi bertahan, Anda sebelah kiri dan teman Anda sebelah kanan, lalu musuh Anda melakukan smash ke arah Anda, Ada beberapa pilihan untuk mengembalikannnya seperti yang saya sebutkan di awal artikel ini, flick, drive, atau netting, bila Anda ingin menyerang lawan, Anda sebisa mungkin membuat balasan pukulan netting, nah setelah Anda melakukan netting, Anda langsung maju untuk mengcover balasan musuh, dan teman Anda langsung ke posisi belakang. Dengan kondisi ini, keadaan menjadi seimbang, lawan bisa saja membalas dengan netting juga, sampai akhirnya salah satu melakukan lob atau flick, nah jika lawan akhirnya melakukan lob atau flick, saatnya teman Anda yang dibelakang untuk mematikannya dengan smash. Jadi ingat kuncinya, siapa yang mengembalikan smash dengan pukulan rendah, maka dialah yang harus maju mengambil posisi depan, dan teman yang lain yang mengambil posisi belakang.

Kesalahpahaman patner

Nah, ini untuk memperkuat penerapan tentang tips-tips yang sudah dipelajari, untuk melakukannya dengan optimal, Anda dan pasangan Anda harus sama-sama tau, apa jadinya jika tidak saling mengerti pola permainan? ya masalah yang timbul akan banyak, seperti raket terbentur karena rebutan cock, ujung-ujungnya raket jadi patah. Bisa juga posisi menumpuk, Anda menuju cock teman Anda juga, akhirnya Anda memberikan kesempatan musuh lebih leluasa membalas ke posisi lapangan Anda yang tidak ada satupun orang yang menjaganya, baik Anda maupun teman Anda. Sering juga terjadi saling menyalahkan, padahal yang menyalahkan belum tentu melaksanakan di posisi yang benar. Saya tambahkan tips bagi pemula yang sedang belajar badminton, carilah patner yang paham dan juga mau ngasih tau, karena biasanya ada juga patner yang sudah tau pas main bukannya ngasih tau, tapi selalu menyalahkan terus, kasih kan padahal Anda sendiri mungkin belum paham harus bagaimana saat bermain.

Kecepatan sangat menentukan ketangguhan permainan ganda

Permainan tunggal mengandalkan stamina dan footwork, tapi permainan ganda mengandalkan kecepatan dan kerja tim. Dalam hal kerja tim sudah saya singgung di atas, nah tips yang ini adalah tentang kecepatan, berlatihlah terus untuk melatih reflek dan kecepatan gerakan Anda. Asalkan terus berlatih, lama kelamaan Anda akan terbiasa juga bergerak cepat tanpa terburu-buru dan tanpa menguras banyak tenaga.

Manfaatkan kelemahan lawan

Nah, tips bulu tangkis yang ini juga sangat penting. Untuk dapat memenangkan pertandingan, Anda perlu mengetahui kekuatan lawan, temukan sisi kelemahannya. Permainan ganda membutuhkan dua orang pemain, biasanya ada salah satu yang tidak terlalu bisa, jadi dengan kondisi lawan demikian, Anda tidak harus repot-repot mengarahkan cock ke tempat kosong atau ke posisi sulit, arahkan aja ke lawan yang lemah, itu akan lebih mudah ditaklukkan. Kemudian, seandainya lawan keduanya mengusai, Anda masih dapat mencari kelemahannya, seperti badannya pendek, biasanya dia punya masalah jika harus menerima flick serve, atau memainkan netting ke arah pojok sehingga mengharuskan dia melangkah lebih jauh untuk mengejarnya. Bisa juga lawan memiliki kelemahan dalam hal kecepatan, Anda bisa memanfaatkannya dengan melakukan serangan yang tiba-tiba seperti net kill atau drive.

Itulah tips bulu tangkis yang dapat saya bagikan, semoga tips bermain bulu tangkis ini dapat bermanfaat terutama bagi Anda yang baru belajar, masih pemula, atau sudah sering latihan tapi belum terlihat ada perkembangan. Praktekkan baik-baik setiap tips yang sudah saya jelaskan di atas, dan pastikan dalam permainan ganda patner Anda juga mengerti.

20 komentar:

Madu Ampuh mengatakan...

Mantap,.. Thankzz Bro
Bermanfaat Banget..
Smoga ilmunya jadi ladang amal

Roby mengatakan...

Amin.. hobi, sehat, dapat pahala, hehehe

Unknown mengatakan...

Bagus banget bro.. Thanks yoo…

Unknown mengatakan...

Mudah dipahami penjelasnya, thanks Mas Brow..?? Bagus....

Unknown mengatakan...

manteeeeppp....... i like itu.

ISMUHA mengatakan...

Terima kasih.....akan saya coba....doa kan bisa....

ISMUHA mengatakan...

Terima kasih...

pelangi foto mengatakan...

Thanks cinn...

gilang blog mengatakan...

thanks atas informasionalisasinya

Unknown mengatakan...

Bravo badminton

Unknown mengatakan...

Thank atas ilmunya

Unknown mengatakan...

Terimakasih postingannya membantu

Unknown mengatakan...

Oke bermanfaat banget,tks

Unknown mengatakan...

Maknyos gan...

ADZRA COLLECTION mengatakan...

Thanks

SINAU mengatakan...

Thank you

SINAU mengatakan...

Matur nuwun

asepsopyan021 mengatakan...

.makasih

Unknown mengatakan...

Ini baru postingan.....

OR-VIST mengatakan...

bagus, cukup mencerahkan

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template