Selasa, 23 Juli 2013

Perhitungan poin bulutangkis (rally point)

Diposting oleh Roby di 12.27
Perhitungan poin permainan bulutangkis sebenarnya beberapa kali berubah hingga akhirnya sejak tahun 2006 sistem rally point resmi diberlakukan. Sistem poin reli ini lebih mudah dipahami dan tidak membingungkan. Berikut ini penjelasan detil tentang aturan perhitungan poin dengan sistem rally.
  • 1 set (game) terdiri dari 21 poin
  • Pemain yang memenangkan rally (rally berarti mulai dari sebuah service hingga cock dinyatakan mati) akan mendapatkan poin. Tidak perduli apakah pemain tersebut yang memulai service atau tidak. Berbeda dengan sistem klasik (15 poin) hanya sisi yang melakukan service saja yang dapat memperoleh poin jika berhasil memenangkan sebuah rally.
  • Jika pada set permainan, kedua belah pemain mendapat poin masing-masing 20 poin, maka pemain yang lebih dulu mendapat 2 poin berikutnya yang akan memenangkan set (game). Ini sering juga disebut dengan jus (deuce).
  • Jika deuce terus-menerus terjaid hingga masing-masing mendapat poin 29, maka pemain yang memendapatkan poin 30 lebih dulu yang akan memenangkan set tersebut sehingga scorenya adalah 30-29. Maksimal skor adalah 30.
  • Pemain yang memulai service akan terus melakukan service jika memenangkan rally. Jika rally dimenangkan oleh pemain yang menerima serivice maka selanjutnya yang memulai service akan berpindah. Dengan kata lain service dimulai oleh pemain yang memenangkan rally, baik untuk tunggal maupun ganda.
  • Jika pemain yang memulai service memenangkan rally, maka pemain yang sama akan melakukan service lagi dari arah service yang berbeda (bergantian kiri dan kanan lapangan)
  • Jika skor genap, maka service dilakukan dari sebelah kanan lapangan. Jika skor ganjil maka service dilakukan dari sebelah kiri lapangan. Hal ini berarti jika service berpindah, maka service dapat dimulai dari sebelah kiri lapangan, baik untuk tunggal maupun ganda.
Untuk mempermudah memahami sistem rally point ini, berikut ilustrasi gambar bagaimana perhitungan dan pergantian posisi pemain saat service:

ilustrasi perhitungan rally point bulutangkis
ilustrasi perhitungan rally point bulutangkis
Biasanya masyarakat Indonesia masih sering menggunakan perhitungan klasik saat latihan, hal ini karena tingkatan permainan bukan sekelas atlet meskipun sudah mahir bermain bulutangkis. Perhitungan klasik dipilih agar permainan lebih lama sehingga lebih menyenangkan dan seru. Berbeda jika menerapkan sistem perhitungan rally point, permainan akan cepat selesai karena poinnya bertambah terus. Pemain sekelas atlet tidak jadi masalah, karena biasanya permainan tetap lama karena cock jarang tidak lekas mati/jatuh.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

trmksh byk,,karena tlh membantu...

Unknown mengatakan...

trims sangat membantu :)

Unknown mengatakan...

TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT.

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template