Kamis, 01 Agustus 2013

Manfaat mempelajari bahasa arab

Diposting oleh Roby di 04.39
Untuk apa belajar bahasa arab?... dan apa manfaat mempelajari bahasa arab?... jawaban untuk setiap orang yang belajar bahasa arab tentu saja berbeda-beda, karena tuntutan sekolah atau kuliah jadi harus paham bahasa arab, karena pekerjaan yang lokasinya di negara-negara yang menggunakan bahasa arab sebagai bahasa nasionalnya, karena ingin jalan-jalan ke tempat wisata di negara yang menggunakan bahasa arab, dan sebagainya.

Terlepas dari banyaknya manfaat yang umum yang dapat diambil dari bisa berbahasa arab, saya ingin berbagi pengalaman tentang apa saja manfaat lain dari belajar bahasa arab selain yang sudah disebutkan diatas. Khususnya bagi kita sebagai umat muslim.

Membedakan hukum-hukum tajwid yang serupa

Sebagai umat muslim, membaca alquran sangatlah penting, tidak sekedar membaca huruf-hurufnya saja, tapi juga memperhatikan hukum-hukum tajwidnya seperti panjang, pendek, dengung, jelas, dsb. Perhatikan petikan kata yang diambil dari ayat alquran berikut ini:
الْمَلاَئِكَةُ dan وَمَاأَدْرَاكَ
pada kedua penggalan kata tersebut terdapat 2 bacaan panjang, yaitu mad wajib muttasil dan mad jaiz munfasil. Nah pertanyaannya bagaimana membedakannya jika tidak ada tanda bacaan tajwidnya?... seperti kita ketahui alquran ada berbagai macam variasi, ada yang dilengkapi dengan tanda bacaan tajwid dan ada juga yang tidak, terutama yang sering ditemui adalah pada software alquran yang bukan buatan indonesia. Nah, bila kita memahami bahasa arab, kita dapat membedakannya dengan mudah, yaitu dengan melihat susunan katanya, karena mad wajib muttasil ada jika mad thobi'i bertemu dengan hamzah dalam satu kata, sedangkan mad jaiz munfasil ada jika mad thobi'i bertemu dengan hamzah pada kata yang berbeda, jika kita memahami bahasa arab, maka kita akan tau bahwa الْمَلاَئِكَةُ adalah satu kata sehingga pada الْمَلاَئِكَةُ terdapat mad wajib muttasil, sedangkan وَمَاأَدْرَاكَ terdiri dari أَدْرَاك dan مَا dan وَ sehingga pada penggalan kalimat itu terdapat mad jaiz munfasil. Oleh karena itu manfaat mempelajari bahasa arab yang pertama adalah agar mampu membedakan hukum-hukum tajwid yang serupa.

Lebih fasih membaca al-quran dan terhindar dari kesalahan membaca

Dengan mempelajari dan memahami bahasa arab yang merupakan bahasa alquran maka kita juga akan dimudahkan dalam membacanya, lebih fasih dan terhindar dari kesalahan membaca. Bila kita sudah familiar dengan bahasa arab, tentunya perbedaan huruf merupakan sesuatu yang biasa, kita pun dapat dengan cepat dan sensitif terhadap pengucapan huruf-hurufnya, baik ketika kita membaca alquran sendirian atau mendengarkan orang lain membacanya, misalkan saja membedakan antara ala dan ‘ala, atau dalam tulisan arab أَلاَ dan عَلَى yang dalam hal arti juga sangat berbeda, begitu juga dengan la dan laa (panjang) yang dalam tulisan arab لَ dan لاَ yang juga sangat berbeda yaitu saling bertolak belakang, dimana لَ berarti pasti dan لاَ berarti tidak.

Mempermudah dalam menghafal ayat-ayat alquran, hadist, maupun doa-doa

Seperti saya sebutkan diatas, bahwa dengan memahami bahasa arab kita akan terbiasa dengan kalimat-kalimat dalam bahasa arab, karena terbiasa itulah kita akan lebih mudah menghafalnya, lebih mudah pula mengingat kembali ketika lupa, terkadang saat kita lupa kita hanya butuh mengingat kata tertentu saja dan dalam sekejab kita langsung ingat kalimatnya secara keseluruhan, hal ini terjadi karena otak kita sudah bekerja mengaitkan antar kata-kata dalam bahasa arab tersebut menjadi kalimat yang dulunya pernah kita hafalkan. Bahkan kita akan dipermudah membaca tulisan yang kurang begitu jelas, atau ada kalimat yang terpotong. Kita juga akan sangat mudah menuliskan ayat-ayat alquran, hadist, ataupun doa-doa tanpa harus menghafalkan satu per satu huruf-hurufnya, karena kita sudah memahami kaidah-kaidah dalam penulisan bahasa arab saat kita mempelajari bahasa arab itu sendiri.

Sebagai contoh jika kita mendengar lantunan ayat alquran seperti berikut: dzaalika al kitaabu laa roiba fiihi hudan lil muttaqiin, dengan memahami bahasa arab kita akan dengan mudah menuliskannya ke dalam bahasa arab seperti berikut:
ذلك الكتاب لا ريب فيه هدى للمتقين
Dan dapat dengan mudah pula menuliskan harokatnya seperti berikut:
ذٰلِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيْهِ هُدًى لِلْمُتَّقِيْنَ

Membantu memahami tafsir alquran

Pemahaman terhadap bahasa arab dapat membantu memahami tafsir alquran dan juga ilmu-ilmu agama lainnya, setidaknya ketika kita mendapati penafsiran tentang alquran di masa sekarang yang erat hubungannya dengan ilmu pengetahuan, misalkan pada tafsir para imam terdahulu disebutkan bahwa علق (alaq) berarti segumpal darah, bagi kita yang belum mengenal bahasa arab ya sudah artinya memang segumpal darah, tapi bahasa arab itu kaya akan makna, arti lain dari علق adalah yang menggantung, dengan perkembangan ilmu pengetahuan biologi dan teknologi masa kini, kata علق dengan arti menggantung ternyata juga sesuai dengan yang dimaksud dalam al-quran, karena memang setelah masa pembuahan calon embrio itu akan menggantung di dinding rahim ibu. Nah dengan semakin banyak wawasan kita terhadap bahasa arab, akan memperdalam pemahaman kita terhadap alquran, dan tentunya akan memperkuat keimanan kita, karena sejak dahulu sampai sekarang secara bertahap banyak sekali fakta-fakta ilmu pengetahuan yang Allah perlihatkan tentang kebenaran al-quran yang dahulunya belum diketahui secara persis oleh umat islam terutama dalam hal ayat-ayat tentang alam dan ilmu pengetahuan.

Itulah beberapa manfaat mempelajari bahasa arab bagi kaum muslimin. Jika Anda menelaah lebih jauh tentunya Anda akan menemukan lebih banyak lagi manfaat yang didapatkan dengan belajar bahasa arab. Untuk mempelajarinya tidak harus sekaligus, mulailah dari mengenal arti kata, susunan kata, dan sedikit tentang tata bahasanya. Lambat laun Anda akan memahami juga bahasa arab secara keseluruhan.

1 komentar:

Roby mengatakan...

Assalamu'alaikum, salam kenal, sy roby, salah satu penggemar bahasa arab, hehe.. bagi siapa saja yang sudah mengenal bahasa arab, sy menawarkan koleksi tutorial bahasa arab, cocok bagi yang ingin memperdalam, silahkan baca info selengkapnya di Koleksi lengkap tutorialbahasaarab.blogspot.com semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template