Jumat, 12 April 2013

Bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga

Diposting oleh Roby di 13.54
Mengatur keuangan rumah tangga atau keluarga bagi sebagian masyarakat tidak begitu penting, bahkan bagi sebagian besar orang tidak pernah terbesit dalam pikirannya sama sekali untuk mengelola keuangan mereka, kebanyakan mereka mengikuti kebiasaan saja, gaji masuk, gunakan untuk berbelanja rutin seperti biasanya, jika uang menipis sebelum akhir bulan mereka akan berhemat, jika berlebih ada yang terbiasa menabung, ada juga yang terbiasa menggunakannya waktu itu juga untuk membeli barang yang diinginkan. Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa orang tidak tertarik mengatur uang mereka, seperti kebiasaan sejak kecil, atau karena ketersediaan uang secara terus menerus sehingga tidak ada motivasi untuk mengelola keuangan agar lebih bijak dalam membelanjakannya.

Meskipun demikian, kurangnya kesadaran dalam mengelola uang akan berakibat kurang baik di masa mendatang seperti tidak terbiasa menabung, tidak tersedianya uang cadangan untuk hal-hal yang mendesak, tidak tersedianya uang untuk pendidikan di masa mendatang sehingga ketika tiba waktunya terpaksa mencari utang untuk memenuhinya, kurang optimalnya penggunaan harta sehingga orang yang memiliki kesempatan untuk menjadi kaya menjadi tidak pernah kaya, atau orang yang punya kesempatan untuk melipatgandakan kekayaannya menjadi begitu-begitu saja atau malah kekayaannya berangsur menurun, dan masih banyak lagi. Sebaliknya orang yang terbiasa mengelola uang akan mengetahui secara rinci tentang uang dan harta yang dimilikinya, motivasinya juga lebih tinggi sehingga apa yang dia miliki akan dioptimalkan sehingga akan selalu mendapat kesempatan untuk menjadi kaya, dan bagi yang sudah kaya dapat mengolah kekayaannya menjadi lebih besar lagi. Siapapun Anda tentunya tidak mau miskin kan, pasti memiliki harapan untuk menjadi lebih baik, setidaknya lebih baik jika memang belum bisa menjadi kaya. Lalu bagaimana memulainya dan bagaimana agar terbiasa mengelola uang?...

Membiasakan mengelola uang memang bukan hal yang mudah, bahkan sejak kecil kita sering diajarkan untuk menabung, mencatat pengeluaran, bahkan kita sudah familiar dengan pepatah "besar pasak dari pada tiang" yang menjadi pantangan kita semua. Tapi sebernarnya apa yang kita dapatkan sejak kecil tersebut tidaklah cukup untuk membuat kita disiplin mengatur uang, pada akhirnya saat dewasa akan terlupakan. Tapi jangan khawatir, saya akan tunjukkan langkah-langkahnya, dan pada artikel ini saya akan memberitahu Anda langkah pertama yang harus dilakukan untuk memulainya.

Catat pengeluaran Anda setiap hari

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencatat pengeluaran Anda setiap hari tak terkecuali, meskipun hanya untuk membeli permen 100 rupiah saja. Untuk memulai ini lakukan minimal 1 bulan tanpa henti. Tidak perlu menunggu awal bulan, jika Anda mulai tanggal 15 tidak apa-apa, untuk mempermudah langkah selanjutnya setidaknya Anda nanti harus memiliki catatan ini minimal 1 bulan dari tanggal 1 sampai akhir bulan. Jadi jika Anda mulai tanggal 15 maka Anda harus memiliki catatan sampai tanggal akhir bulan berikutnya. Tidak usah bertanya-tanya dulu, artikel berikutnya akan saya tunjukkan untuk apa semua ini. Buatlah catatan per hari, tuliskan item yang dibeli atau dibayar, tuliskan berapa nominalnya. Perlu diingat sebisa mungkin pisahkan itemnya, jangan digabung, jika sekali belanja di warung Anda membeli sebungkus gula dan kopi sebesar 5.000 rupiah, tuliskan masing-masing berapa beli gula dan berapa beli kopi, kecuali jika Anda benar-benar tidak tau persisnya. Berikut contoh catatan pengeluaran rutin rumah tangga:

mengatur keuangan rumah tangga - catatan pengeluaran
mengatur keuangan rumah tangga - catatan pengeluaran

Kumpulkan nota pembayaran dan pembelian

Sebagian dari pembayaran yang kita lakukan terdapat notanya, oleh karena itu jangan dibuang nota tersebut, kumpulkan berdasarkan tanggal dan tempel atau klip dengan catatan belanja harian Anda. Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih dari ini untuk tahap-tahap selanjutnya dalam mengelola keuangan.

mengatur keuangan rumah tangga - klip nota belanja
mengatur keuangan rumah tangga - klip nota belanja

Siapkan cacatan sementara di HP atau kertas

Terkadang saat kita berada di luar rumah dalam waktu yang cukup lama, misalkan satu hari penuh, dan kita melakukan banyak transaksi seperti pergi ke tempat wisata, trus pulangnya singgah di rumah makan, dll. Untuk membantu Anda mencatatnya setelah sampai di rumah nanti, Anda setidaknya sudah mencatatnya di HP atau selembar kertas, sehingga setelah Anda pulang, Anda dapat beristirahat terlebih dahulu dan menulisnya di buku pengeluaran ketika badan tidak lagi terasa lelah.

Sediakan buku kas, pena, dan staples khusus

Mencatat bukanlah kebiasaan umum, kebanyakan orang malas melakukannya, tetapi ada tips yang dapat Anda terapkan. Yaitu sediakan buku kas, pena, dan staples khusus untuk pencatatan pengeluaran harian Anda. Dengan demikian Anda tidak perlu repot-repot mencari pena untuk menuliskan biaya pengeluaran atau staples untuk menggabungkan nota belanja saat Anda sedang bersemangat untuk melakukannya. Kondisi yang kurang mendukung dapat menambah rasa malas. Ketiga barang tersebut tidak seberapa harganya bila dibandingkan dengan manfaat yang didapat kemudian.

Letakkan ketiganya di tempat yang strategis

Tips berikutnya adalah menempatkan buku kas, pena, dan staples yang sudah Anda sediakan di tempat yang sering Anda lewati atau di tempat yang mudah Anda akses. Dengan demikian, kapan saja Anda ingin mencatat pengeluaran Anda, saat itu juga Anda dapat melakukannya. Misalkan ketika baru saja pulang dari berbelanja, atau ketika duduk santai lalu Anda teringat masih ada yang belum tercatat. Dengan kemudahan tersebut, ketika Anda sedang capek atau malas pun, Anda masih dapat mencatatnya meskipun dengan huruf-huruf yang agak sulit dibaca, setidaknya Anda sudah mencatat apa yang Anda beli atau bayar dan berapa nominalnya.

Itulah langkah awal dalam memulai mengatur keuangan rumah tangga, pribadi, dan keluarga Anda beserta beberapa tips yang dapat membantu dan mempermudah Anda dalam melaksanakannya. Semua itu sudah saya buktikan, selanjutnya giliran Anda, sampai ketemu pada tahap selanjutnya setelah Anda sudah memiliki catatan pengeluaran lengkap minimal satu bulan penuh.

1 komentar:

Desta Rahmadita mengatakan...

Wah.... artikelnya membantu banget buat saya sebagai ibu rumah tangga

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template