Sunday, April 21, 2013

Gaji tidak cukup untuk kebutuhan rutin keluarga

Posted by Spring A at 1:25 PM
Apakah Anda pernah mengalami kondisi dimana gaji tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan keluarga, atau saat ini Anda sedang mengalami hal tersebut, kebutuhan rutin keluarga yang sebagian besar adalah kebutuhan pokok tidak mungkin untuk dihindari, tapi apa daya jika gaji benar-benar tidak cukup untuk itu? Terdapat dua cara yang dapat Anda tempuh, yang pertama adalah mencari tambahan penghasilan, secara logika cara ini memang benar, pendapatan bertambah, maka kekurangan untuk biaya rutin keluarga akan terpenuhi. Akan tetapi cara ini bukanlah cara yang mudah untuk dilakukan, terlebih lagi jika saat ini Anda sudah sibuk bekerja tiap hari sampai sore atau bahkan dari subuh sampai malam, sehingga tidak ada waktu lagi untuk mencari tambahan uang. Tetapi cara ini juga jangan dibuang begitu saja, cara ini lebih tepat untuk jangka panjang, baca juga artikel tentang bagaimana mendapatkan uang dari internet dan bisnis menguntungkan dengan modal kecil, setelah Anda lepas dari permasalahan Anda yang mendesak saat ini Anda dapat mempertimbangkannya kembali.

Cara kedua adalah yang paling mungkin Anda lakukan untuk menyelamatkan kondisi keuangan rumah tangga Anda saat ini, dengan kata lain untuk jangka pendek, cara ini adalah dengan melakukan pengecekan terhadap penggunaan uang Anda saat ini. Lalu apa yang dicek, sekarang aja sudah berhemat tapi masih kekurangan. Iya, betul, semua orang dapat mengakui bahwa dia berhemat, tapi jika ditanya apa saja yang dihemat dan berapa besar penghematan diperoleh, mereka akan kesulitan menjawab, kenapa demikian, karena kebanyakan dari mereka tidak benar-benar berhemat, atau tidak benar-benar menghitungnya, sehingga hemat yang dimaksudkan hanya dari mengira-ngira saja.

Saya tidak akan katakan berhemat adalah menahan diri berlebih-lebihan sehingga apa-apa serba tidak bisa dan tidak ada, cara seperti ini adalah sama saja dengan mencekik leher sendiri. Saya ingin mengajarkan bagaimana kita berhemat tapi pada tempatnya tanpa mengesampingkan kebutuhan-kebutuhan untuk kenyamanan kita sendiri. Untuk melakukannya yang harus Anda lakukan adalah mencatat semua pengeluaran yang biasa Anda lakukan, jika Anda belum pernah melakukannya sama sekali, Anda dapat membaca tips dari saya sebelumnya tentang bagaimana memotivasi diri dan melakukannya dengan mudah pada artikel mengatur keuangan rumah tangga. Nah jika Anda sudah memiliki catatan pengeluaran rutin Anda, selanjutnya tibalah saatnya Anda melakukan analisa atau pengecekan terhadap kebiasaan rutin keluarga Anda dalam menggunakan uang. Berikut beberapa hal yang dapat Anda kontrol terhadap kebutuhan rutin keluarga sesuai dengan kondisi Anda agar tidak lagi terjadi gaji tidak cukup untuk kebutuhan satu bulan.

Kebutuhan air minum keluarga

gaji tidak cukup
air minum kemasan (sumber gambar: aqua.com)
Dari manakah air yang Anda dan keluarga Anda minum?... saya tentu tidak tau, apapun sumber air bagi keluarga Anda, saya ingin sampaikan bahwa, meskipun kebutuhan air adalah kebutuhan pokok yang harus ada setiap hari, tapi terdapat banyak sekali varian pilihan keluarga. Perhatikan kembali apakah Anda membutuhkan biaya untuk kebutuhan minum keluarga Anda? Apakah Anda membeli Aqua galon? Apakah Anda membeli air hexagonal? Apakah Anda membeli air RO (Reverse Osmosis)? apakah Anda membeli air mineral biasa? Apakah Anda hanya menggunakan air sumur atau menampung air hujan untuk diminum sehingga hanya perlu bahan bakar saja untuk memasaknya? Atau mungkin Anda salah satu pengguna alat penyaring air minum yang dijual banyak di pasaran saat ini? apapun pilihan Anda, jika Anda saat ini memang mengeluarkan biaya untuk membeli air minum, saat sedang mengalami krisis uang yang menyebabkan gaji tidak cukup, cobalah untuk memilih alternatif lain yang lebih murah. Jika biasanya Anda membeli air bermerek seperti Aqua, untuk sementara cobalah air hexagonal atau air RO yang lebih murah tapi masih menjamin standar kesehatan yang Anda harapkan. Atau jika Anda selama ini membeli air RO, cobalah untuk membeli air mineral biasa untuk sementara, jika Anda ragu terhadap kandungannya, Anda dapat memilih depot air minum yang sudah melalui pengecekan dari dinas terkait, dan untuk memastikan setiap tetesnya aman dari mikroorganisme hidup yang berbahaya, masaklah air tersebut, memasak air tidak akan membuat Anda membayar lebih besar jika dibandingkan dengan membeli air RO atau Hexagonal yang siap diminum. Alternatif terakhir adalah menggunakan air sumur jika airnya bersih dan sumurnya memenuhi standar kesehatan di Indonesia. Anda hanya membutuhkan bahan bakar untuk memasaknya, jika menggunakan gas, air dengan takaran satu galon yang biasa kita gunakan dapat dimasak dengan biaya kurang dari 3.000 rupiah. Kebersihan air sumur tergantung tempat dimana Anda tinggal, Anda dapat mengamati lingkungan dan kebiasaan masyarakat di sekitar tempat tinggal Anda.

Kebutuhan makan keluarga, beli atau masak sendiri

Makan sama pentingnya dengan minum, dan biaya makan sangatlah besar baik untuk pribadi maupun anggota keluarga, oleh karena itu porsi anggaran untuk makan perlu diperhatikan lebih teliti karena Anda dapat membuat keborosan besar disini dan sebaliknya Anda dapat menghemat dalam jumlah yang besar pula. Terlepas dari pola makan yang Anda terapkan dalam keluarga Anda, ada 2 pilihan yang sangat jauh berbeda dalam hal biaya, yaitu membeli atau memasak sendiri. Bila Anda selama ini sering membeli makan daripada memasak di rumah, pertimbangkan untuk mengubahnya, jika tidak memungkinkan setidaknya selingi hari-hari Anda dengan masakan dari dapur sendiri, Anda akan menghemat pengeluaran Anda dalam jumlah yang lumayan tanpa mengurangi nilai gizi keluarga. Jika tidak memungkinkan juga, minimal Anda memasak nasi saja di rumah, dan lauknya beli di warung, itu sudah sangat memadai. Makanan sangat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengeluaran rutin keluarga, yang menyebabkan gaji tidak cukup sampai akhir bulan.

Bawa bekal untuk makan siang di kantor

Ini masih berkaitan dengan poin diatas, jika Anda sering memasak sendiri di rumah, Anda dapat membawanya untuk bekal makan siang di kantor, tidak perlu malu atau sungkan, bahkan perusahaan berskala nasional saja cukup banyak karyawannya yang membawa bekal untuk makan siangnya dengan berbagai alasan. Anda dapat menghemat sampai 50 % dari pengeluaran makan siang Anda setiap bulannya. Anda dapat mencegah gaji Anda yang tidak cukup untuk kebutuhan pokok lainnya dengan mengatur strategi makan siang Anda.

Penggunaan listrik

Biaya listrik memang cukup bervariasi bagi setiap warga, ada yang sangat boros, ada juga yang sangat hemat, ada yang memang membutuhkan banyak dan ada juga hanya memerlukan sedikit sekali energi listrik tiap bulannya, tapi penggunaan listrik sering sekali mubazir. Nah disinilah kita perlu memperhatikan lebih teliti lagi, perhatikan setiap kali Anda atau anggota keluarga dalam menggunakan listrik, gunakan listrik dengan bijak sesuai kebutuhan, misalkan mematikan lampu saat waktu tidur malam hari, cukup lampu tertentu saja yang hidup seperti lampu luar atau lampu tidur. Mematikan AC atau kipas angin ketika tidak digunakan, dsb. Sepintas ini sepele, tapi jika tiap dilakukan maka akan terakumulasi dan Anda telah melakukan penghematan penggunaan listrik yang lumayan banyak.

Biaya pulsa per bulan

Pulsa sudah menjadi kebutuhan rutin saat ini, seperti untuk sms, telp, internet, dll. Cukup sulit jika kita harus berganti kartu hanya untuk mencari tarif yang murah yang biasanya juga tidak terus-menerus murah. Tetapi jika Anda pengguna internet dan menggunakan modem, Anda dapat melakukan pemilihan operator yang tepat untuk kebutuhan Anda. Misal yang pilihan paketnya ringan, atau yang pilihan masa aktifnya lama tanpa mengharuskan Anda membayar tiap bulannya.

Tips liburan keluarga

Keluarga tentunya tidak dapat lepas dari kesibukan sehari-hari, pekerjaan orang tua di kantor, mengurus anak-anak di rumah, anak-anak juga ada kalanya jenuh setiap hari belajar di sekolah. Liburan menjadi alternatif pereda stres keluarga. Banyak pilihan tempat berlibur, dekat rumah atau di luar kota. Nah untuk beberapa kondisi, tips berikut cukup membantu Anda menghemat pengeluaran liburan tanpa meniadakan liburan itu sendiri. Tipsnya adalah dengan membawa bekal makanan dari rumah, baik cemilan maupun makanan berat. Seperti Anda ketahui tempat wisata selalu menyediakan tempat beli makanan, tapi Anda juga tau harganya akan menjadi setinggi selangit alias berlipat-lipat dari harga normal. Dengan membawa bekal makanan, Anda dapat menghemat puluhan ribu rupiah bahkan hanya sekedar cemilan. Maksimalkan gaji Anda untuk mencukupi kebutuhan yang lebih penting dari sekedar cemilan di tempat wisata.

Nah, kebutuhan orang tentu berbeda-beda, apa yang saya sebutkan diatas hanya sebagai gambaran atau contoh yang dapat Anda perhatikan ketika mengalami krisis keuangan keluarga tertutama dalam menghadapi gaji tidak cukup untuk satu bulan. Tapi perlu Anda pahami, bahwa cara berhemat seperti ini akan efektif jika pengeluaran rutin Anda tidak terlalu jauh minusnya, jika Anda memiliki hutang yang banyak, atau gaji Anda terlalu kecil, Anda perlu alternatif pertama yang saya sebutkan di awal tadi, yaitu mencari tambahan penghasilan. Selamat berjuang, semoga Anda berhasil keluar dari problem keuangan Anda. Jika Anda bebas keluar, Anda dapat memanfaatkan gaji Anda yang lebih dari cukup untuk menyusun strategi dalam mengamankan keuangan keluarga Anda.

1 comments:

Post a Comment

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template