Jumat, 02 Agustus 2013

Pengenalan bahasa arab - penggunaan kata ini dan itu (bagian 1)

Diposting oleh Roby di 05.23

Pelajaran Pertama

الدَّرْسُ الأَوَّلُ

Pada pelajaran pertama ini, kita akan berkenalan dengan هٰذَا yang artinya "ini" dan ذٰلِكَ yang artinya "itu". Untuk mempermudah memahami penggunaannya berikut beberapa kosakata bahasa arab yang mudah dan perlu kita ketahui.

كِتَابٌ artinya buku
قَلَمٌ artinya pena
مَكْتَبٌ artinya meja
كُرْسِيٌّ artinya kursi

 Perhatikan contoh kalimat di bawah ini:

هٰذَا كِتَابٌ
هٰذَا قَلَمٌ
هٰذَا مَكْتَبٌ
هٰذَا كُرْسِيٌّ

Saat kita menunjuk sebuah benda yang didekat kita maka kita dapat menggunakan هٰذَا yang berarti "ini" sehingga kalimat هٰذَا كِتَابٌ berarti "ini sebuah buku".

Selanjutnya perhatikan kalimat di bawah ini:
ذٰلِكَ كِتَابٌ
ذٰلِكَ قَلَمٌ
ذٰلِكَ مَكْتَبٌ
ذٰلِكَ كُرْسِيٌّ

Saat kita menunjuk sebuah benda yang berada jauh dari kita, maka kita menggunakan ذٰلِكَ yang berarti "itu" sehingga kalimat ذٰلِكَ كِتَابٌ berarti "itu sebuah buku".

Agar kita dapat memahami lebih jauh penggunaan هٰذَا dan ذٰلِكَ dalam bahasa arab, berikut beberapa kosakata tambahan:

مَا artinya apa
أَ artinya apakah
نَعَمْ artinya iya
لاَ artinya tidak

Perhatikan contoh kalimat berikut ini:

مَاهٰذَا ؟... هٰذَا كِتَابٌ
مَاذٰلِكَ ؟... ذٰلِكَ قَلَمٌ
أَهٰذَامَكْتَبٌ؟... نَعَمْ، هٰذَامَكْتَبٌ
أَهٰذَاكُرْسِيٌّ؟... نَعَمْ، ذٰلِكَ كُرْسِيٌّ
أَهٰذَاكِتَابٌ؟... لاَ، ذٰلِكَ قَلَمٌ
أَهٰذَامَكْتَبٌ؟... لاَ، ذٰلِكَ كُرْسِيٌّ

Terkadang dalam bahasa indonesia kita sehari-hari tidak membedakan dengan jelas kapan menggunakan "apakah" dan kapan menggunakan "apa". Padahal dua kata itu berbeda, apa digunakan untuk menanyakan sesuatu berupa nama benda, maksud, pengertian, dsb. Sedangkan apakah digunakan untuk memastikan kebenaran sesuatu. Perhatikan kembali contoh pertanyaan dan jawaban di atas, "apa ini?", maka jawabannya "ini buku". Contoh lainnya adalah "apakah ini buku?", maka jawabannya harus disertai dengan "ya" atau "tidak", baru setelah itu ditambahkan penjelasan jika diinginkan. Hal ini berlaku juga pada kebanyakan bahasa lainnya, seperti bahasa inggris atau bahasa arab.

Penjelasan tambahan

Perhatikan pada beberapa kosakata yang telah disertakan, kita akan mendapati semua kata benda yang disebutkan pada pelajaran pertama ini harokat akhirnya adalah ـٌـ, perlu kita ingat kebanyakan kata benda yang berdiri sendiri (belum digunakan pada kalimat lengkap) akan seperti itu, tapi ingat yang saya maksud adalah "kebanyakan" dan "yang berdiri sendiri". Artinya kita nanti juga akan mendapati yang tidak berakhiran ـٌـ baik dalam kalimat maupun berdiri sendiri.

Ikuti terus panduan belajar bahasa arab pada blog ini, pahami dengan baik untuk setiap tahapan, karena tahapan berikutnya akan saling berkaitan. Sempatkan diri Anda untuk membaca artikel tentang pentingnya belajar bahasa arab agar Anda lebih termotivasi untuk terus belajar dan tetap bersemangat. Selamat belajar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template