Sabtu, 10 Agustus 2013

Tahapan membangun rumah sendiri disertai gambar (bagian 1)

Diposting oleh Roby di 21.47
Anda ingin membangun rumah sendiri?... Membangun rumah sendiri tentunya menjadi pilihan banyak orang, selain Anda bebas menentukan seperti apa rumah tersebut akan dibuat, Anda juga dapat menghemat lebih banyak dana. Meskipun sebagian dari Anda mungkin tidak mau repot, setidaknya jika Anda mengerti tahapan-tahapan membangun rumah, Anda akan banyak terbantu. Minimal Anda mengerti apa yang harus diperhatikan saat pembangunan rumah dilaksanakan. Oleh karena itu siapapun Anda jika ingin memiliki rumah, simak tahapan dalam membangun rumah berikut ini:

1. Menyiapkan denah rumah

Asumsi Anda sudah memiliki tanah dimana rumah akan dibangun. Tetapi bila Anda belum memilikinya, tidak masalah, Anda tetap perlu tau tahapan-tahapan ini. Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah denah rumah. Sebagian dari Anda mungkin juga belum paham apa itu denah rumah. Denah rumah secara gampang adalah bentuk rumah secara kasar. Kasar dalam artian hanya terdiri dari garis-garis sederhana saja yang menunjukkan posisi bagian-bagian rumah seperti posisi ruang tamu, posisi kamar tidur, posisi dapur, kamar mandi, dll. Begitu juga posisi jendela dan pintu setiap ruangan juga digambarkan. Tidak hanya itu, denah juga dilengkapi dengan ukuran seperti kamar tidur lebar dan panjangnya berapa kali berapa.

Perhatikan dua buah gambar denah rumah berikut ini:
tahapan membangun rumah - denah 1
tahapan membangun rumah - denah 1

tahapan membangun rumah - denah 2
tahapan membangun rumah - denah 2


Semua orang bisa membuat denah, setiap kali seseorang ingin memiliki rumah sudah barang tentu dia akan coret-coret di kertas pengen punya rumah dua buah kamar, yang satu besar yang satu sedang, pengen ruang tamu di posisi yang bagus, yang tidak menggangu privasi, pengen punya dapur kecil, pengen punya garasi, pengen terasnya sederhana, dll. Intinya membuat denah adalah membuat rancangan rumah secara kasar agar mudah diperkirakan bentuknya nanti, termasuk juga memperkirakan biayanya.

Dari denah inilah Anda dapat memperkirakan biaya pembangunan rumah. Sebelum Anda dapat menghitung biaya pembuatan rumah, Anda harus tau terlebih dahulu apa saja komponen pembentuk rumah tersebut, dalam hal ini adalah bahan-bahan dan bagian-bagiannya, oleh karena itu sebaiknya Anda membaca tentang bahan-bahan dan bagian-bagian pembentuk rumah. Pengetahuan tersebut akan berguna untuk memahami tahapan membangun rumah berikutnya. Silakan lanjutkan membaca artikel Tahapan membangun rumah bagian 2 membuat pondasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template