Jumat, 02 Agustus 2013

Tips memilih perumahan yang sesuai dengan Anda

Diposting oleh Roby di 22.57
Rumah merupakan aset yang amat bernilai, tidak sekedar bernilai secara investasi, tetapi juga secara fungsi. Karena itulah penting bagi Anda yang ingin membeli rumah agar memahami berbagai hal yang pokok. Salah satunya adalah bagaimana memilih perumahan yang sesuai dengan Anda. Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang tips membeli rumah untuk tempat tinggal keluarga, nah kali ini akan saya tambahkan lagi beberapa tips menarik yang jarang sekali menjadi pertimbangan orang saat hendak membeli rumah khususnya perumahan.

Skala perumahan, besar atau kecil?...

Perumahan dengan skala sedang atau besar adalah setidaknya dapat menampung masyarakat yang dapat dibentuk RT tersendiri, bisa dikatakan 40 unit ke atas. Sedangkan perumahan dengan skala kecil seringkali hanya terdiri dari belasan unit atau setidaknya maksimal hingga 25 unit saja. Apa kaitannya dengan memilih perumahan?...

Perumahan nantinya akan dihuni warga baru, dan Anda tentu tau bahwa di masyarakat ada aturan yang berlaku seperti adanya RT, RW, dll. Jika jumlah unit rumah cukup banyak biasanya akan dibentuk RT sendiri, yang berarti pada RT tersebut semuanya adalah warga baru. Sedangkan untuk perumahan yang terdiri dari belasan rumah saja mau tidak mau akan disatukan dengan RT sekitar, dengan kata lain penghuni perumahan akan berbaur dengan warga asli. Inilah yang tidak semua orang menyadari, padahal pembeli rumah bisa jadi tidak cocok dengan lingkungan seperti itu yang mengharuskan bergabung dengan warga setempat.

Style rumah mengindikasikan karakter penghuninya

Rumah mewah akan dihuni orang-orang dengan gaya hidup yang mewah juga. Rumah sederhana akan dihuni oleh orang yang sesuai juga. Tapi terkadang ada orang yang mampu membeli rumah yang besar atau mahal tapi karakternya sederhana, apa yang akan terjadi?... Orang ini biasanya mengutamakan rumah sebagai aset berharga, sehingga sebisa mungkin mendapatkan rumah yang lebih baik semaksimal mungkin yang dia bisa. Dengan begitu dia dapat membeli rumah yang lumayan berkualitas untuk kelas ekonominya. Disisi lain tetangganya adalah orang-orang yang memiliki kemampuan lebih, sehingga tidak hanya rumah yang dimiliki tetapi juga harta benda lain seperti mobil dan lain-lain. Pada akhirnya ada ketimpangan sosial, dan dapat saja terjadi dimana satu orang tadi saja yang tidak punya mobil sedangkan yang lainnya punya semua. Bukan hal yang mudah untuk dapat bertahan dengan lingkungan seperti itu, jika tidak kuat dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau bahkan stress karena pada akhirnya dia akan berharap punya mobil juga padahal dia tidak mampu dari segi ekonomi. Oleh karena itu lihatlah lebih jeli aspek-aspek sosial seperti ini.

Hal tersembunyi yang dapat merepotkan

Di perumahan saya pernah ada orang yang nanya-nanya mencari kontrakan. Sambil ngobrol namun dia mengeluarkan unek-uneknya juga, katanya sebelumnya dia pernah menemukan kontrakan di komplek perumahan. Dia bilang disitu berat ikut kegiatan bulanannya, katanya satu bulan untuk iuran, arisan, dll mencapai Rp. 400.000,- ya angka ini tentu berat bagi sebagian besar masyarakat, gimana gak berat, nyicil rumah saja sudah besar per bulannya, apa-apa sudah dihemat, malah harus bayar segitu setiap bulan.

Tips di atas dapat melengkapi referensi bagi Anda yang sedang atau akan membeli rumah. Perhatikanlah segala faktor, tentukan pilihan yang lebih baik dari beberapa pilihan yang sesuai dengan kondisi Anda. Tentunya kita tidak mungkin mendapatkan semua yang nyaman, pasti ada yang harus kita korbankan agar mendapatkan manfaat lain yang juga kita butuhkan. Anda juga dapat membaca artikel-artikel tentang rumah lainnya yang pernah saya tulis.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template