Rabu, 07 Agustus 2013

Mengatasi masalah bubuk kayu pada plafon rumah

Diposting oleh Roby di 04.44
Bubuk kayu sering menyerang berbagai macam kayu, apalagi kayu yang tergolong biasa, bubuk kayu bukan sekedar merusak kayu, tapi juga akan merepotkan kita bersih-bersih rumah karena bubuknya, atau kotoran dari hewan bubuk kayu akan mengotori rumah, jika kayu plafon yang dimakan maka bubuknya akan jatuh ke lantai.

Ada berbagai cara untuk mengatasi bubuk seperti dengan penyemprotan, tapi disini saya hanya ingin berbagi bagaimana mengatasi bubuk kayu pada plafon untuk jangka menengah, dalam artian bubuk kayu tidak akan mengotori rumah tapi tanpa menghilangkan bubuk kayu tersebut, ini adalah langkah mudah tanpa harus repot membasmi bubuk kayu yang biasanya akan menyerang berbagai kayu pembentuk atap rumah.

Disini kita akan menggunakan bubuk gypsum, dapat dibeli kiloan di toko bangunan. Harganya terjangkau. Gypsum memang berguna untuk pekerjaan plafon dan partisi ruangan yang menggunakan board. Plafon itu sendiri banyak menggunakan bahan gypsum. Sebenarnya gypsum digunakan untuk plafon berbahan board dengan ketebalan diatas 5 cm, meskipun demikian untuk plafon dengan ketebalan board lebih tipis juga tidak masalah. Gypsum disini nantinya akan digunakan sebagai penutup sela-sela antar-plafon sehingga sering disebut kompon gypsum.

Cara menggunakannya tuangkan air ke dalam wadah, taburkan bubuk gypsum sedikit demi sedikit, bubuk gypsum tersebut akan tenggelam dan menyatu dengan air. Teruskan menaburkan gypsum hingga tidak ada lagi air yang menggenang tanpa ditutupi gypsum. Pada kondisi ini air dan gypsum akan menjadi pasta. Selanjutnya aduk perlahan untuk memastikan adonan air dan gypsum merata. INGAT, aduk hanya dengan beberapa aduk saja, tidak lebih dari 5 atau 10 kali karena gypsum yang sudah terkena air akan cepat mengeras jika diaduk terus-menerus. Tetapi jika dibiarkan saja setelah dicampur dengan cara yang saya jelaskan di atas gypsum akan tetap berbentuk pasta dalam waktu yang lumayan.

Tutuplah sela-sela plafon dengan gypsum yang sudah menjadi pasta tadi menggunakan kap atau kape, alat khusus untuk meratakan kompon gypsum, harganya juga terjangkau untuk yang berbahan plastik. Agar lebih kuat, gunakan selotif gypsum, selotif yang terbuat dari kain kasa untuk membantu mengikat gypsum dan plafon, selotif ditempelkan setelah gypsum diisi ke sela-sela plafon dan dengan menempelkan sepanjang jalur sela-sela plafon, setelah itu tutup kembali dengan gypsum. Untuk hasil terbaik, setelah kering lakukan pengomponan lagi dengan tipis 1 atau 2 kali lagi sampai terlihat halus dan sampai paku pun juga ikut tertutup.

Setelah selesai, Anda akan bebas dari bubuk kayu dan rumah Anda akan bersih sepanjang hari. Tapi ingat ini adalah langkah cepat dan jalan pintas, dan bukan untuk membasmi bubuk itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2011 my-much blog | Design by Kenga Ads-template